7 Hal yang Ditakuti Pria Ketika Tua


pria tuaMenjadi tua itu pasti bagi semua orang yang ada di dunia.Setiap usia bertambah tua biasanya fungsi organ tubuh kamu  akan berkurang masalah kesehatan pun mulai datang menghantui para pria nah berikut ini ada beberapa yang menjadi ketakutan pria ketika pria bertambah tua kamu mau tahu apa aja itu simak berikut ini seperti di kutip dari inilah.com.

1. Pikun

Berdasarkan penelitian dari Mayo Clinic pada September 2010 yang dimuat dalam jurnal Neurology menuturkan bahwa pria lebih rentan mengalami kerusakan kognitif ringan atau kadang disebut dengan pre-alzheimer.

Penelitian terbaru yang dimuat dalam American Academy of Neurology Journal juga mendukung temuan sebelumnya yang menemukan bahwa pria kemungkinan lebih berisiko mengalami penurunan kognitif ringan (MCI) dibandingkan wanita.

2. Gangguan Penglihatan

Penelitian yang ditemukan di Amerika menunjukkan bahwa pria lebih cenderung mengalami penurunan penglihatan jika dibandingkan dengan wanita, akibat tekanan yang mereka alami pada otak.

Penelitian lain dari peneliti University of Melbourne menemukan bahwa menumpuknya lemak di perut pada usia paruh baya secara signifikan dapat meningkatkan risiko kebutaan di kemudian hari.

3. Kehilangan pendengaran

Gangguan pendengaran adalah hal yang normal dari proses penuaan untuk semua orang, namun pria lebih rentan mengalami gangguan pendengaran dibanding wanita.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa viagra dan obat impotensi berpotensi menyebabkan kehilangan pendengaran mendadak. Tak hanya itu, riset lain di Amerika juga mengungkapkan pria perokok berisiko tinggi mengalami masalah pendengaran.

4. Depresi

Kaum pria biasanya jarang mengungkapkan perasaan atau emosi yang tengah dialaminya. Terlebih lagi sebagai kepala rumah tangga, para pria juga menanggung beban lain, seperti masalah pekerjaan atau masalah keluarga. Tak jarang hal tersebut memicu timbulnya stres dan depresi.

Depresi menyebabkan penderitanya mengalami serangkaian perubahan fisik dan emosional. Umumnya, penderita depresi akan kesulitan berpikir, kesulitan menyelesaikan masalah, berbicara, bergerak dengan lambat karena merasa lelah, perubahan pola tidur, gangguan di perut atau punggung bahkan disfungsi seksual.

5. Osteoporosis

Walaupun osteoporosis sering terjadi pada wanita pasca menopause, ternyata pria bisa juga mengalami penyakit pengeroposan tulang ini. Sama seperti wanita, ostreoporosis pada pria juga terjadi karena bertambahnya usia.

Namun kebiasaan merokok, jarang berolahraga, mengonsumsi obat tertentu, dan menderita penyakit tertentu ternyata juga menjadi faktor risiko osteoporosis pada pria.

6. Impotensi

Ken Robbins, profesor dari Universitas of Wisconsin menyebutkan bahwa laki-laki jauh lebih merasa khawatir tentang performa seksualnya. Ketika libidonya mulai berkurang, maka laki-laki akan merasa sangat dipermalukan dan membuat kepercayaan dirinya menjadi berkurang.

Kondisi impotensi ternyata jauh menakutkan bagi laki-laki dibandingkan terkena kanker atau kematian, dan impotensi biasanya berhubungan dengan jaringan koroner abnormal, tekanan darah tinggi serta lemak dalam darah yang tinggi.

7. Kebocoran urin

Ternyata beser atau tidak bisa menahan buang air kecil tak hanya masalah bagi wanita. Sering terjadi, air kemih keluar begitu saja (bocor) tanpa dapat mereka kontrol karena pembesaran prostat, operasi prostat atau hal lain.

baca juga: Apa yang ‘Ditakuti’ Wanita dan Pria Saat Tua

More From: Gaya Hidup