Wow! Ternyata Hanya Psikopat yang Tetap Berteman Dengan Mantan Pacarnya. Ini Alasannya


2100536pasangan9780x390

palingseru.com – Berteman dengan mantan pacar memang perbuatan yang tidak dilarang. Meski begitu, kamu harus berhati-hati. Pasalnya, berteman dengan mantan pacar menunjukkan bahwa kamu memiliki pribadi psikopat. Kenapa bisa begitu?

Dua studi psikologi dari Oakland University, Justin Mogilski dan Dr Lisa Welling menjelaskan, seseorang yang memiliki niat untuk tetap berteman dengan mantan menunjukkan bahwa dirinya memiliki niat manipulatif, ingin mendapatkan informasi, uang dan seks.

Hasil tersebut dibuktikan dari hasil penelitian yang melibatkan sebanyak 861 responden. Kedua peneliti tersebut mulai memberikan pertanyaan terkait alasan hubungan yang kandas dan alasan mereka untuk tetap berteman.

Tak hanya itu, para responden juga diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengungkapkan jenis kepribadian secara klinis, yang memang dirancang untuk menganalisa perilaku menyimpang pada manusia, seperti sifat narsistik, sifat mendominasi, dan psikopat.

Alhasil, responden yang memiliki skor tinggi pada uji coba ini, cenderung memilih teman karena berniat untuk menguntungkan diri sendiri. Sementara itu, hasil lainnya menunjukkan bahwa mereka yang berteman dengan mantan pacar karena akses hubungan seksual.

Hasil penelitian yang ditulis ke dalam jurnal Personality and Individual Difference, ini menyebut, alasan seksual merupakan motivasi praktis yang berujung pada potensi psikopat.

“Dari hasil studi ini memperlihatkan bahwa perubahan status mantan menjadi teman justru berpotensi pada semakin rusaknya hubungan dibandingkan putus cinta,” kata Mogilski. Demikian dikutip Kompas.com, Senin (16/5/2016).

More From: Sehat