Wow!! Ini Dia 8 Manfaat Tak Terduka Dari Makan Mentimun


   

index

Palingseru.com – Mentimun merupakan salah satu sayuran yang biasanya dikonsumsi untuk dijadikan lalapan dan acar. Sayur mentimun ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Seperti kandungan kadar air dalam mentimun sebesar 95 persen yang bisa membantu untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh dan juga untuk kulit.

Mentimun juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit. Pemakainnya juga bisa dari luar atau sering di tempel-tempelin ke wajah. Bisa juga ke mata untuk mengurangi kantung mata yang bisa merusak penampilan kamu.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat mentimun yang mungkin tak pernah kamu ketahui. Apa sajakah itu ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Kompas.com.

Baca juga : Tips Menghilangkan Noda Hitam di Wajah Hanya Dengan Menitimun. Seperti ini Caranya

1. Kesehatan kulit dan rambut

Seperti yang sudah dikatakan diatas, mentimun sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mentimun ini bisa membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Karena mentimun mengandung sulfur dan silikon untuk pertumbuhan rambut sehat.

2. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat selanjutnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Minum jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memproduksi insulin.

3. Melawan Kanker

Mentimun ternyata juga dapat membantu melawan kanker seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim. Ini karena mentimun mengandung 3 lignan yaitu pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang dapat membantu mengurangi resiko berbagai jenis kanker.

4. Mengurangi sakit kepala dan mabuk

Makan mentimun juga dapat mengurangi sakit kepala dan juga mabuk saat bangun di pagi hari. Ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit untuk mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

5. Menurunkan Kolesterol

Kandungan sterol pada mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada tubuh kamu. Dengan mengonsumsi mentimun, kadar kolesterol di tubuh kamu bisa menurun.

6. Mengontrol tekanan darah

Selain dapat menurunkan kolesterol, mentimun juga dapat memabntu mengontrol tekanan darah kamu. Dengan mengonsumsi mentimun tekananan darah kamu tidak akan terlalu tinggi dan juga tidak akan terlalu rendah.

7. Membantu penurunan berat badan

Ingin mendapatkan berat badan yang ideal, kamu bisa mengonsumsi mentimun secara rutin. Mentimun ini sangat bermanfaat  untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Dan berat badan kamu tidak akan terus bertambah jika kamu mengkonsumsi mentimun.

8. Meredakan nyeri sendi dan encok

Makan mentimun secara rutin dapat membantu meredakan nyeri sendi dan juga encok. Ini karena mentimun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6. Semua kandungan itu sangat bermanfaat untuk meredakan nyer sendi dan dapat menurunkan kadar asam urat.

Itulah dia ke 8 manfaat makan mentimun untuk kesehatan tubuh kamu.

 

 

 

More From: Sehat