5 Kecelakaan Pesawat Paling Misterius, Sampai Saat ini Masih Menjadi Teka Teki Besar


33

Palingseru.com – Kecelakaan masakapai penerbangan memang sering terjadi hingga memakan banyak korban jiwa. Kecelakaan pesawat tak hanya membuat heboh publik tetapi juga membuat pemerintah setempat berusaha melakukan pengevakuasian secara cepat.

Namun terkadang , proses pengevakuasikan itu sulit dilakukan karena kecelakaan pesawat tersebut sulit terdeteksi lokasi kejadian . Banyak pesawat yang hilang tanpa jejak dalam ketinggian yang melebihi batas hingga membuat pesawat tersebut jatuh tanpa diketahui keberadaan.

Dan kali ini ada beberapa kecelakaan pesawat paling misterius sampai masih menjadi teka – teki lantaran keberadaan jatuhnya pesawat sampai saat ini belum ditemukan.

1. Tiger Line 739

11

Salah satu pesawat yang jatuh secara misterius yakni Pesawat militer Amerika Serikat pada 1962 . Maskapai pesawat dengan nomor penerbangan 739 ini dikenal sebagai pesawat tangguh karena tidak pernah mengeluarkan panggilan darurat dan 1.300 orang . Namun tiba – tiba pesawat ini dinyatakan jatuh secara tragis. Sejumlah pengevakuasian dilakukan dan mereka menemukan jejak puing-puingnya di Samudra Pasifik yang diduga menjadi lokasi kecelakaan.
Awak kapal tanker Liberia mengklaim melihat sebuah cahaya yang sangat terang di langit pada saat pesawat melakukan penerbangan.

2. British South American Airways

22

Pesawat komersial British South American Airways ini juga salah satu pesawat yang pernah mengalami kecelakaan dan masih menjadi kasus misterius lantaran pesawat ini menghilang tanpa jejak. Beruntung , jejak pesawat ini pada akhirnya berhasil dideteksi. Pesawat ini dinyatakan jatuh di Pegunungan Andes, Argentina setelah sepasang pemanjat tebing Argentina menemukan reruntuhan mesin di Andes pada tahun 1998 dan ekspedisi militer kemudian menemukan sisa jasad lainnya.

3. Air France 447

33

Pesawat jenis Airbus A330 yang melakukan penerbangan dari Rio de Janeiro ke Paris jatuh ke Samudra Atlantik pada 2009, menewaskan 228 penumpang dan awak. Jatuhnya maskapai penerbangan France 447 ini berlangsung misterius karena lokasi kecelakaan sulit di deteksi.

Beruntung setelah lima hari penuh proses pengevakuasian , tim berhasil menemukan serpihan badan pesawat. Sedangkan badan pesawat bersama kotak hitam baru ditemukan dua tahun setelah insiden. Berselang tiga tahun, otoritas penerbangan akhirnya bisa sedikit menduga penyebab jatuhnya Air France 447 itu. Dan sampai sekarang, sisa 74 jasad penumpang belum ditemukan.

4. EgyptAir 990

44

Maskapai EgyptAir dikabarkan jatuh di Laut Mediterania pekan ini. Insiden tersebut menewaskan semua penumpangnya yaitu sejumlah 217 orang. Dalam sejumlah laporan , kecelakaan tersebut disebabkan akibat para pejabat penerbangan Amerika di National Transportation Safety Board menuduh kopilot Gamil el-Batouty dituding melakukan bunuh diri karena ia baru saja ditegur atas pelecehan seksual oleh maskapai penerbangan. Lalu, ia menukikkan pesawat ke bawah.

Dasar tuduhan itu adalah rekaman suara di kotak hitam. Beberapa detik sebelum pesawat jatuh, el-Batouty terdengar berkata “Aku menyerahkan semuanya pada Tuhan.”

Tuduhan menguat, karena Batouty mengganti kendali pesawat menjadi manual, saat pilot pergi ke toilet. Dia mengulangi kata-kata tersebut setidaknya tujuh kali, lalu mematikan mesin sehingga pesawat jatuh.

5. Malaysia Airlines MH370

55

Insiden Malaysia Airlines MH370 sampai saat ini masih menyimpan sejumlah misteri lantaran pesawat ini hilang dan sampai saat ini belum diketahui jelas dimana pesawat ini jatuh. Pesawat yang membawa 239 penumpang dan awak setelah meninggalkan Kuala Lumpur pada Maret 2014 .

Pencarian pun terus dilakukan hingga pada Maret 2016, ditemukan serpihan di pesisir Mozambik, diduga bagian dari MH370. Penduduk Madagaskar tahun lalu juga menemukan flaperon serta bagian pesawat Airbus, yang juga disimpulkan bukti MH370 jatuh ke Samudra Hindia.

Nah, itulah dia kelima kecelakaan pesawat misterius yang sampai saat ini masih menjadi teka – teki besar.

Lihat juga : 4 Pesawat ini Kecelakaan Akibat Aksi Bunuh Diri Pilot

 

More From: Menarik