Hati Hati!! Ini Dia Ciri Tiga Sahabat yang Akan Membawa Kamu Ke Neraka


tiga-ciri-sahabat-yang-bisa-membawa-kamu-ke -neraka

palingseru.com – Semua manusia pasti memiliki sahabat karena pada hakikatnya memang manusia adalah makhluk sosial. Dalam artian, selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

Untuk pengertian sahabat, setiap orang pasti memiliki persepsi-persepsi tersendiri. Namun intinya, sahabat adalah orang ketiga setelah orangtua dan saudara. Di mana mereka sudah seperti keluarga kita sendiri.

Namun sahabat Muslimah, ada tiga sahabat yang harus kamu waspadai. Mereka mungkin memang selalu bersikap baik padamu, tapi mereka bisa membawa sahabat Muslimah ke neraka.

Dikutip Islamdunia, inilah tiga ciri sahabat yang bisa membawa sahabat Muslimah ke neraka:

1.Suudzon (berburuk sangka)

Ciri sahabat yang harus sahabat Muslimah hindari ialah sahabat yang suka suudzon. Seperti yang kita tahu, sifat suudzon sangat dibenci oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan sifat suudzon membuat otak dan hati seseorang tertutup dari kebenaran. Sehingga orang tersebut akan merasa paling benar dan tidak bisa menghargai orang lain. Wallahu’alam.

2.Tajassus (memata-matai)

Tajassus bisa diartikan dengan banyak kata, seperti memata-matai, menyelidiki, dan mencari berita. Orang yang memiliki sifat seperti ini biasanya suka mencari-cari kesalahan orang lain. Hal ini jelas dilarang dalam kita suci Al-Qur’an. Untuk itu, sahabat Muslimah menjauhi sahabat yang seperti ini.

3.Ghibah (membuka aib)

Seperti halnya tajassus, ghibah juga dapat diartikan dengan banyak kata. Ghibab bisa diartikan menyebut, membuka, membongkar aib, menggunjing dan bergosip. Meskipun aib tersebut memang benar adanya, namun bukan berarti hal itu harus diumbar ke banyak orang. Dan jika aib itu tidak benar atau mengarang-ngarang, maka kita telah melakukan fitnah.

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain…” (QS. Al Hujurat: 12)

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Taukah Kamu