Soekarno Gagal Di Bunuh Gara-Gara Dirinya Mendadak Jadi Dua


download

Palingseru.com – Sejarah menceritakan pada 14 Mei 1962 ada peristiwa yang sedikit menegangkan yang bersamaan dengan pelaksanaakn ibadah salat Idul Adha.

Saat itu, terjadi Seokarno yang ingin dibunuh, namun berhasil digagalkan karena perencanaan pembunuhan itu segera diketahui sehari sebelumnya.

Saat itu Istana Negara menjadi tempat yang dibuka secara umum untuk tempat umat muslim salat Idul Adha bersama-sama. Soekarno pun hadir untuk salat bersama banyak warga.

Semua terlihat normal dengan penjagaan yang ketat. Namun, pada saat rukuk tiba-tiba saja terdengar teriakan takbir seorang pria yang disusul dengan suara tembakan. Peluru itu hendak diarahkan ke Soekarno namun meleset dan mengenai satu orang polisi bernama Amoen. Lalu, tembakan kedua pun juga meleset mengenai polisi bernama Susilo.

Pelakunya diduga menyamar sebagai seorang kiai bersama dengan wakilnya yang berdiri enam langkah didepan Soekarno saat pelaksanaan salat.

Baca juga : Kisah Soekarno Ngamuk di Amerika Hingga Presiden AS Ketakutan

Karena sebelummnya Mangil Martowidjojo, Komandan Kawal Pribadi Soekarno sudah mengetahui rencana pembunuhan tersebut, akhirnya diakali untuk menyelamatkan Soekarno.

Dua polisi yang terkena tembakan tersebut kompak menggunakan seragam sama dengan Soekarno. Lalu, saat ada gerakan mencurigakan dari si pelaku, Soekarno langsung diseret dari lokasi dalam keadaan menunduk. Lalu, dua polisi itu menggantikan posisi Soekarno.

Karena pelaku melihat ada dua bayangan Soekarno, mereka pun menembak dua kali dan mengenai dua polisi tersebut. Namun, mereka berhasil selamat dan pelaku dijatuhkan hukuman mati.

Namun, Soekarno menolak untuk menandatangani eksekusi mati pada pelaku tersebut.  “Aku tidak sampai hati memerintahkan dia dieksekusi,” kata Soekarno, seperti dilansir Tribunnews.com.

Setelah kejadian tersebut, Menteri Pertahanan dan Keamanan, Jendral Abdul Haris Nasution menyaranka agar Soekarno membentuk resime khusus menjaga dirinya dan keluarganya.

Dalam tim ini harus ada prajurit-prajurit terbaik dari empat angkatan: AD, AURI, AL, dan Polri.

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Aneh Unik