Di China Istri dan Anak Koruptor Juga Ikut Merasakan Tidak Enaknya di Penjara


   

di-china-istri-dan-anak-koruptor-ikut-dipenjara

Palingseru.com – Sebuah hukuman yang ada di China benar – benar patut di acungi jempol lantaran bagi koruptor yang telah melanggar hukum, tak hanya koruptor itu saja yang harus dihukum tetapi anak dan istrinya juga akan ikut merasakan hukuman yang telah di tetapkan.

Dan baru – baru ini dikabarkan jika Pengadilan China menjatuhkan vonis penjara 18 tahun terhadap Zhou Bin, putra dari koruptor Zhou Yongkang, bekas petinggi Partai Komunis, yang lebih dulu divonis penjara seumur hidup pada Juni 2015.

Hukuman yang diberikan oleh Bin ini berawal ketika dirinya ketahuan telah memanfaatkan pengaruh sang ayah untuk menerima sogokan 222 juta Yuan (setara Rp 453 miliar). Bin membekingi cukong impor barang ilegal masuk ke China daratan.

Selain Bin ,  istri Yongkang, Jie Xiaoye juga turut diseret ke pengadilan kerena dianggap telah menerima sogokan anggota Partai Komunis China yang ingin naik pangkat.

Baca juga : 5 Koruptor Kelas Dunia Yang sudah dihukum Mati

Dalam hal ini , pengadilan Beijing pada akhirnya menjatuhkan hukuman terhadap Xiaoye berupa penjara 9 tahun ditambah denda 1 juta Yuan. Xiaoye dihukum lebih rendah karena tidak pernah melarikan diri. Sedangkan putranya Bin sempat mencoba kabur ke Amerika Serikat pada awal 2013.

Yongkang, semasa masih berkuasa, menjabat sebagai anggota Politbiro untuk bidang Hukum. Menurut Kepolisian, serta Intelijen Domestik, pengaruh Yongkang sangat besar, sebelum akhirnya Presiden Xi Jinping melancarkan program pemberantasan korupsi menyasar petinggi partai pada 2012.

Dalam sejumlah laporan mencatat jika Yongkang adalah pejabat dengan pangkat tertinggi diseret pertama kali oleh kejaksaan China. Nyaris semua kolega Yongkang, rata-rata pejabat di Provinsi Sichuan, ikut dicokok oleh aparat Tiongkok.

Lihat juga : 5 Koruptor Kelas Kakap Ini Akhirnya Merasakan Sakitnya Hukuman Mati

More From: Berita Menarik