4 Gejala Kerusakan Hati Ini Sering Diabaikan, Padahal Sangat Berbahaya


1353462shutterstock-18223570780x390

palingseru.com – Banyak orang yang lebih mementingkan kesehatan jantung daripada hati. Padahal kedua organ tubuh ini sama pentingnya dan sama-sama bisa berakibat fatal jika terjadi kerusakan. Untuk itu, kenalilah tanda-tanda kerusakan pada hati kamu.

Dan jika kamu telah mengalami tanda-tanda di bawah ini, maka segeralah periksakan ke dokter agar kerusakan tersebut tidak bersifat permanen. Berikut tanda-tanda yang menunjukkan kerusakan hati, seperti dikutip Kompas.com dari Boldsky.com.

1.Warna urine gelap

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa hati kamu mengalami kerusakan adalah perubahan warna urine yang menjadi gelap. Tanda kerusakan hari tidak hanya dapat dilihat dari warna urine, tetapi juga pada warna tinja. Jika tinja bercair dan pucat dapat dipastikan adanya kerusakan hati.

2.Asam lambung naik

Asam lambung naik karena mengonsumsi makanan yang terlalu asam memang hal wajar. Namun jika asam lambung naik tanpa penyebab yang jelas, disertai rasa mual dan muntah, bisa jadi itu gejala kerusakan hati.

3.Tubuh gatal

Segeralah periksakan ke dokter jika tubuh kamu sering terasa sangat gatal tanpa penyebab yang jelas. Sebab, tanda semacam ini merupakan gejala dari kerusakan hati.

4.Mudah memar

Gejala kerusakan hati yang terakhir ialah tubuh mudah memar dan perdarahan abnormal. Tubuh mudah memar terjadi karena menurunnya fungsi hati untuk membekukan darah ketika terjadi luka atau cedera.

More From: Sehat