5 Mitos Mengerikan Hiu Ini Ternyata Salah, Tapi Sering Kamu Percaya


mitos hiu
ikan hiu via: https://pixabay.com/id/hiu-ikan-hiu-laut-ocean-air-ikan-3004153/

Palingseru.com – Salah satu predator laut yang paling ditakuti manusia adalah Hiu. Hal ini dikarenakan Hiu sangat bermusuh dengan manusia, bahkan manusia bisa menjadi santapan lezat bagi bangsa Hiu.

Namun seiring berjalannya waktu, Hiu dianggap akan mengalami kepunahan. Bahkan sampai detik ini , banyak orang menganggap Hiu memiliki sisi kelam hingga beredar banyak mitos bermunculan.

Dan ternyata , sejumlah mitos tentang hiu yang mengerikan ini dianggap sebagai mitos yang salah kaprah namun tetap saja dipercaya banyak orang.

Baca juga : Heboh Foto Nelayan Berusaha Keluar Dari Perut Ikan Hiu

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Semua Hiu Pemangsa Manusia

Ada mitos yang beredar jika Hiu merupakan predator pemangsa manusia. Hiu mako atau hiu putih raksasa mungkin terkenal kerap menyerang manusia. Namun pada dasarnya tidak semua Hiu itu musuh manusia. Kurang dari 500 spesies hiu, mayoritas adalah pemakan ikan dan cumi-cumi, bukan manusia.

menurut ilmuwan menyerang manusia karena menganggap kita sebagai ancaman. Sedangkan kasus manusia diserang hiu di pantai biasanya terjadi akibat hiu salah mengira manusia sebagai ikan karena penglihatannya terganggu oleh deburan ombak.

Terakhir, menurut ilmuwan dari Southern Cross University, daging manusia terasa hambar bagi hiu. Hiu jauh lebih tertarik makan ikan ketimbang manusia. So, mitos hiu yang suka makan manusia itu tidak benar ya guys.

2. Hiu Itu Bodoh

Ada banyak mitos mengatakan jika Hiu merupakan salah satu predator yang bodoh karena memiliki otak kecil. Namun tahukah kamu jika faktanya , Hiu ini merupakan predator paling cerdas dilautan karena terus berevolusi sejak 400 juta tahun silam. Berdasarkan penelitian ilmuwan, hiu memiliki 29 jenis metode berburu mangsa yang disesuaikan dengan faktor lingkungan.

3. Semua Hiu Berukuran Besar dan Menakutkan

Mitos selanjutnya tentang hiu yang sering kamu percaya yakni hiu berukuran besar dan menakutkan. Namun faktanya , tidak semua hiu berukuran besar, ada beberapa hiu yang memiliki ukuran hanya 20 sentimeteran. Hiu kecil ini banyak terdapat di perairan dalam atau dasar laut.

4. Diserang Hiu , Pukul Hidungnya

Sejumlah orang percaya dengan mitos jika diserang hiu maka pukul saja hidungnya , maka hiu akan melemah dan melarikan diri. Namun faktanya tidak seperti itu.  Berusaha memukul hiu justru bisa menimbulkan riak-riak air yang membuat hiu semakin ganas. Selain itu, di dalam air, pukulan manusia tentu akan berkurang jauh tenaganya.

David Shiffman, ilmuwan hiu dari Universitas Miami, AS, menyarankan untuk menyerang mata hiu, bukannya hidungnya. Mata adalah bagian paling lemah pada hiu. Meski mempunyai lapisan pelindung, mata hiu rentan terluka akibat tusukan jari saja.

Jangan keliru ya guys.

5. Tak ada Hewan yang Memangsa Hiu

Hiu merupakan predator paling menakutkan dan mitosnya tak ada satupun hewan lain yang berani memangsa Hiu. Namun faktanya , seiring berjalannya waktu , Hiu dianggap akan mengalami kepunahan .

Bahkan di Bumi, permintaan sirip hiu yang tinggi, setiap tahunnya tak kurang dari 100 juta hiu dibunuh oleh manusia.

Dan cuma ada beberapa spesies hiu yang berada di puncak rantai makanan, mereka adalah hiu macan, hiu putih, dan hiu paus. Mirisnya , kebanyakan hiu berukuran kecil dan menjadi santapan lezat bagi hewan laut besar seperti paus orca, buaya air asin, atau dimakan hiu lain.

Nah, itulah dia kelima mitos keliru seputar hiu yang kamu percaya.

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Aneh Unik