Duh 15 Bahasa Daerah Indonesia Sudah Punah, 139 Lainya Siap Menyusul


15-bahasa-daerah-di-indonesia-punah-139-terancam-lenyap

palingseru.com – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Budaya mencatat sedikitnya ada 15 bahasa daerah di Indonesia yang telah punah.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Dadang Suhendar mengungkapkan hasil tersebut didapat dari perhitungan pihaknya. Sementara 139 bahasa daerah lainnya juga nyaris terancam punah.

“Kalau terancam punah angkanya mencapai 139. Ini hitungan kami, karena kalau di luar penghitungannya ada yang mencapai 178. Sedangkan yang punah mencapai 15 bahasa daerah,” katanya usai menghadiri Kongres Bahasa Daerah Nusantara, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (2/8/2016). Demikian dikutip merdeka.com.

Berdasarkan dari catatan tersebut, kelima belas bahasa daerah yang telah punah itu berasal dari Maluku dan Papua.

Melihat kondisi semacam ini, Dadang pun tak tinggal diam. Ia meminta kepada Pemerintah Daerah untuk membina bahasa daerah agar tidak punah.

“Banyak kita lakukan pengembangan dan pelindungan bahasa daerah. Kan Undang-undang 24 nomor 2009. Pemda wajib membina bahasa daerah bekerja sama dengan lembaga kebahasaan,” tandasnya.

Untuk membuat seluruh masyarakat Indonesia selalu menggunakan bahasa daerah, Kongres Bahasa Daerah Nusantara (KBDN) beserta Pemprov Jabar dan Yayasan Kebudayaan Rancage mengamplifikasi gerakan cinta bahasa daerah yang akan digelar pada 2 sampai 4 Agustus mendatang.

“Pemprov Jabar pertama kali menggelar kongres bahasa daerah nusantara untuk tetap menjaga pelestarian bahasa,” kata Wakil Bupati Jawa Barat, Deddy Mizwar.

More From: Berita Menarik