Cewek Wajib Tahu Nih, Seperti Ini Caranya Aga Minyak Gak Meletup Saat Menggoreng Ikan


657x328-tips-agar-minyak-tidak-meletup-saat-menggoreng-ikan-160802s

palingseru.com – Bagi sebagian cewek yang sudah berumah tangga mungkin sedikit malas ketika harus menggoreng ikan. Bagaimana tidak, menggoreng ikan ini dapat membuat kulit terasa sakit akibat cipratan minyak panas dari proses penggorengan tersebut.

Namun, sebenarnya hal ini bisa dihindari jika proses penggorengannya benar dan tepat. Berikut beberapa cara agar kamu tidak terkena cipratan minyak saat menggoreng ikan, dilansir Feed.id.

1.Perhatikan jumlah minyak

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan jumlah minyak untuk menggoreng. Gunakanlah minyak yang sedikit karena dapat meminimalisir terjadinya letupan saat proses menggoreng ikan.

2.Suhu minyak

Tak sedikit ibu memahami bahwa cara menggoreng ikan yang tepat adalah membiarkan minyak hingga terlalu panas lebih dahulu dan baru kemudian memasukan ikan. Cara ini ternyata salah dan justru akan menimbulkan letupan sangat banyak. Yang benar adalah menggunakan api dengan suhu kecil. Cara ini memang terbilang cukup lama, namun ikan akan matang sempurna dan dagingnya pun akan lebih empuk.

3.Bumbu masak

Penggunaan bumbu masak saat proses menggores ikan juga dapat berpengaruh pada letupan. Apalagi jika bumbu yang digunakan banyak mengandung air, maka letupan akan semakin banyak. Nah, untuk mengatasinya, cobalah menggunakan bumbu yang sedikit mengandung air dan kalaupun menggunakan bumbu yang banyak air, usahakan untuk meniriskannya terlebih dahulu sebelum akhirnya digoreng.

4.Minyak vs air

Usahakanlah untuk menggoreng ikan dengan minyak goreng yang tidak bercampur dengan air. Dengan begitu, kamu akan aman dari percikan minyak panas.

5.Teteskan air jeruk nipis

Terakhir, kamu bisa meneteskan perasan air jeruk nipis dalam minyak sebelum memasukan ikan. Cara ini dipercaya dapat mencegah terjadinya letupan saat proses menggoresng. Selain itu kamu juga bisa melakukan cara lainnya dengan menaruhkan beberapa helai daun pisang di dasar minyak. Penggunaan daun pisang ini tidak hanya mencegah letupan, tapi juga menambah aroma pada ikan goreng kamu.

More From: Sehat