4 Orang ini di Eksekusi Mati Gara Gara Bocorkan Rahasia Negara


4

Palingseru.com – Bergabung dalam sebuah organisasi pemerintah pada dasarnya harus bisa memegang sebuah rahasia negara. Namun ternyata, tak semua orang bisa menjaga sebuah rahasia. Bahkan terkadang , ada sejumlah orang yang suka memanfaatkan rahasia negara itu untuk kenikmatan duniawi.

Akan tetapi, segala sesuatu yang ditutupi akan terbongkar juga . Seperti seorang pria yang kini harus dieksekusi mati gara- gara ketahuan telah membocorkan rahasia negara.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Mata – Mata Iran Dieksekusi Mati di Kuwait

1

Salah satu orang yang harus dieksekusi karena telah ketahuan membocorkan rahasia negara yakni seorang mata-mata asal Iran dan seorang lagi asal Kuwait yang kini telah dijatuhi vonis hukuman mati oleh Pengadilan Kuwait.

Baca juga : 7 Wanita Cantik ini Hidupnya Berakhir di Hukuman Mati

Perlu untuk diketahui jika Kuwait adalah salah satu negara sekutu Arab Saudi yang menarik duta besarnya dari Teheran, usai renggangnya hubungan diplomatik Saudi dan Iran.

2. Di duga Mata – Mata Israel , Wartawan Inggris di Hukum Mati di Irak

2

Seorang wartawan Inggris keturunan Iran, Farzard Bazoft dieksekusi mati oleh pemerintah Irak setelah dituding sebagai mata-mata dan membocorkan rahasia negara. Farzard Bazoft yang merupakan pewarta lepas bagi The Observer dan BBC London itu berhasil diamankan pada 15 Maret 1990.

Bazoft pun pada akhirnya dieksekusi mati setelah dirinya menjadi mata-mata Israel terkait berita pembuktian rumor ledakan di pabrik roket rahasia Saddam Hussein yang menewaskan pekerja Mesir.

3. Dituding Jadi Mata – Mata ,Orang Palestina di Eksekusi Mati Hamas

3

Seorang warga Palestina harus dihukum mati setelah terbukti menjadi mata-mata oleh Pengadilan Tinggi Hamas di Gaza  Kejadian itu bermula ketika terjadi peristiwa Perang Gaza.

Dalam keterangannya ada 6 orang Palestina yang dijatuhi hukuman mati dan telah dieksekusi akibat jadi mata-mata.

Eksekusi mati ini sejatinya harus mendapat persetujuan sang presiden Palestina. Namun, Hamas bertolak belakang dengan otoritas dan kerap tidak bertindak atas kehendaknya sendiri.

4. Iran Eksekusi Ilmuan ahli Nuklir

4

Seorang ilmuwan nuklir Iran juga menjadi salah satu pelaku yang telah terbukti membocorkan rahasia negara. Pria bernama Shahram Amiri akan dieksekusi mati oleh pemerintah setempat pada tahun 2010. Namun dirinya bisa berhasil selamat setelah mengklaim dirinya telah diculik oleh CIA dan mengaku tidak pernah menukarnya dengan apa pun untuk negara.

Akan tetapi , pemerintah Iran sendiri tidak percaya dan menduga jika ilmuwan ini telah menukar informasi penting negaranya dengan imbalan USD 5 juta atau setara dengan Rp 65,6 miliar.

“Shahram Amiri telah dieksekusi karena membocorkan rahasia kepada musuh. Dia kami hukum gantung,” kata juru bicara pengadilan Iran di tempat eksekusi.

Lihat juga : Wow Pemerintah Iran Eksekusi Mati Seluruh Penduduk di Desa Ini, Alasannya Cukup Mengejutkan

More From: Menarik