Seperti ini 10 Fakta Menarik Arcandra Tahar, Mentri Jokowi yang Lagi Bikin Heboh Gara-Gara Berkewarganegaraan Amerika


arcandra-tahar_20160816_071345

Palingseru.com – Presiden Joko Widodo akhirnya memberhentikan  dengan hormat Menteri Enegeri Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Senin (15/8/2016) malam.

Ini karena Menteri ESDM tersebut ramai diperbincangkan memiliki dwi kewarganegaraan.

“Menyikapi status kewarganegaraan Menteri ESDM, setelah mendengar dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Tahar dari posisi Menteri ESDM,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Senin malam, seperti dilansir Tribunnews.com. 

Baca juga : Akhirnya Jokowi Berhentikan Menteri ESDM Arcandra Tahar. Ini Alasannya

Nah, berikut ini adalah beberapa fakta-fakta menarik dari sosok Arcandra Tahar.

1. Lahir di Padang

Arcandra Tahar, M.Sc., Ph.D. lahir di Padang, 10 Oktober 1970.

2. Pendidikan di Indonesia

Arcanda tercatat bersekolah di SMP Negeri 13 Padang (1983-1986), kemudian SMA Negeri 2 Padang (1986-1989) dan ITB Teknik Mesin tahun 1989 -1994

3. Pendidikan di luar negeri

Setelah lulus dari ITB, Arcandra meneruskan pendidikannya di Texas A&M University Ocean Engineering : 1996 – 1998. Lalu berlanjut  di Texas A& M Univeristy Ocean Engineering (Doctor of Philosophy) : 1998 – 2001.

4. Ahli kilang lepas

Arcandra merupakan seorang ahli kilang lepas pantai atau offshore. Ia pernah menjabat sebagai  Presiden Direktur Petroneering di Houston, sebuah perusahaan pengembangan teknologi dan enginering.

5. 14 Tahun berkecimpung di bidang hidrodinamika dan offshore

Arcandra Tahar memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di bidang hidrodinamika dan offshore. Dia juga telah bekerja di berbagai perusahaan migas baik sebagai pengembang maupun produksi seperti Spar, TLP, Compliant Tower, Buoyant Tower dan Multi Colum Floater selama 13 tahun terakhir.

6. Niat membenahi PT. Timah Namun Ditertawakan

Setelag lulus S2 di Texas A&M University, Amerika, Arcandra berniat kembali ke Indonesia untuk membenahi PT Timah. Namun, niatnya itu ditertawakan, karena  waktu itu kondisi PT Timah memang sudah sekarat.

Lalu, Arcandra pun tak jadi dan malah melanjutkan S3 di Amerika. Sejak saat itu ia tinggal di Amerika dan menjadi konsultan di berbagai perusahaan Internasional.

Meskipun tinggal di Amerika, Arcandra tetap memperdulikan Indonesia. Dia menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam forum-forum yang membutuhkan keberadaannya.

7. Dilantik menjadi Menteri ESDM

Arcandra resmi dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia pada 27 Juli 2016. Ia menggantikan Sudirman Said yang saat itu diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo.

8. Diberhentikan dengan hormat

Pada 15 Agustus 2016, Arcandra Tahar resmi diberhentikan dengan hormat sebagai Menteri ESDM dan digantikan sementara oleh Luhut Panjaitan.

9. Menteri paling singkat menjabat

Arcandra tercatat sebagai orang yang paling singkat menjabat sebagai menteri Presiden. Arcandra hanya menjabat selama 20 hari saja.

10. Sebelumnya ada nama Mahfud MD dan Rizal Ramli

Sebelumnya ada nama Mohammad Mahfud MD yang tercatat sebagai menteri paling singkat menjabat, yaitu hanya 21 hari.

Lalu, ada juga Rizal Ramli yang juga mencatatkan diri sebagai menteri yang singkat menjabat. Namun, Arcandra berhasil mengalahkan rekor tersebut dengan 20 hari saja.


Like it? Share with your friends!