Tahu Gak Kamu Ternyata Lubang Raksasa Ini Bernilai Ratusan Triliun Rupiah


lubang_raksasa_tambang_mir_intan_berlian_siberia_rusia_20160816_114931

Palingseru.com – Sebuah lubang raksasa yang menganga di sebelah timur Siberia, Rusia  dijuluki sebagai lubang paling mahal didunia. Ini karena nilai lubang itu mencapai  sekitar £13 miliar atau lebih kurang Rp 219 triliun.

Lubang ini merupakan tambang Mir yang menghasilkan intan berlian kelas dunia. Sehingga tempat tambang tersebut dijuluki “Diamond City” atau “Kota Intan.”

Kedalaman lubang itu sampai  1,722 kaki (sekitar 525 meter). Diameternya hampir satu mil atau 1,6 kilometer.

Nilai £13 miliar itu adalah total berlian yang sudah dihasilkan selama beropeasi sampai cadangan yang masih tersisa.

Baca juga : Wow Ini dia Lubang Rakasasa Paling Dalam di Bumi yang ada di Bawah dasar Laut

Bagian atas lubang ini tak boleh dilewati setelah terjadi insiden helikopter tersedot ke bawah. Beruntung tak terjadi kecelakaan.

Tempat itu adalah milik perusahaan Alrosa yang memproduksi sekitar seperempat berlihat didunia. Pada puncaknya, tambang Mir memproduksi rata-rata dua juta karat intan kasar setahun. Nilainya sedikitnya £20 juta .

Intan terbesar pernah dihasilkan sebesar bola golf, yaitu 130,85 karat berlian Olonkho yang bernilai sekitar £250,000.

Kandungan intan berlian di tempat ini ditemukan oleh tiga ahli geologi, Ekaterina Elagina, Uri Khabardin dan Viktor Avdeenko.

Setelah mendapat kabar itu, Moskow segera melakukan penggalian. Sedangkan tiga ahli geologi itu menerika penghargaan tertinggi Rusia, Lenin Prize atas usaha mereka.

Saat Rusia mengalami krisis akibat Perang Dunia 2, pemimpin Soviet saat itu Joseph Stalin menggunakan uang penghasilan dari tambang Mir untuk membangun negara itu.


Like it? Share with your friends!