Ini dia 5 Negara Yang Punya Aturan Ketat Untuk Ujian Nasional. Yuk Lihat Seperti Apa


3

Palingseru.com – Tahukah kamu jika di dunia ini ada sejumlah negara yang memiliki aturan ketat untuk ujian nasiona. Aturan ketat ini dibuat untuk mencegah adanya bahaya korupsi dan kecurangan yang mewabah di dunia kerja, instansi pemerintah, dan lainnya.

Sebab, sejauh ini banyak sekali terjadi kasus kecurangan saat ujian nasional sehingga mendulang nilai maksimal tanpa usaha yang pada akhirnya tak bisa melahirkan siswa berbobot nilai murni.

Beberapa negara yang punya aturan ketat untuk ujian nasional diantaranya seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Calon tentara India wajib bugil saat tes tertulis

1

Negara India menetapkan peraturan terhadap calon tentara militer untuk mengikuti tes tertulis di lapangan luas dengan kondisi bugil.

Aturan yang di tetapkan dalam ujian penyaringan masuk Angkatan Darat ini dengan tujuan agar para catar bisa menyelesaikan jawaban dengan nilai murni. Hal ini juga untuk meredam kemungkinan para catar menyembunyikan contekannya yang disimpan di dalam baju mereka.

Seorang calon tentara, Harishambhu Kumar (21), mengaku tidak terkejut setelah tahu harus bugil saat ujian.

“Saat datang dan hendak menjalankan tes, pengawas mengatakan untuk melepas seluruh pakaian kecuali celana dalam, jujur saya merasa malu, namun mereka mengatakan hal ini sebagai upaya meredam aksi mencontek selama ujian,” ujar Kumar.

2. Awasi peserta ujian, guru di Belgia pakai drone

2

Belgia menetapkan peraturan ujian dengan menyediakan kamera pengawas di seluruh sudut ruang kelas . Bahkan para guru pelajar juga nantinya akan memakai drone jenis DJI Phantom, dilengkapi sebuah kamera go pro, untuk mengawasi jalannya ujian. Sistem pengawasan ini digunakan oleh Universitas Thomas Moore di Kota Antwerp. Drone seharga USD 15 ribu ini bisa terbang 15 menit nonstop.

3. Pelajar Thailand diwajibkan pakai alat anti nyontek

3

Di Thailand, salah satu peraturan ketat saat ujian nasional berlangsung yakni para peserta ujian di wajibkan untuk memakai alat anti nyontek.

Hal ini pernah terjadi di Universitas Kasetsart, Thailand, membuat alat sederhana anti nyontek yang terbuat dari dua kertas berukuran A4 disambungkan dengan pengikat kepala. Ide ini datang dari seorang profesor bernama Nattadon Rungruangkitrai tersohor di Negeri Gajah Putih itu.

4. Kamboja kerahkan 1.570 polisi awasi ujian SMA

4

Peraturan ujian yang paling ketat juga ada di Kamboja dengan cara mengerahkan 1,570 anggota polisi untuk turun ke sekolah-sekolah lokasi ujian kelas 12.

Anggota polisi ini nantinya ditugaskan untuk mengawasi peserta ujian.Langkah pemerintah kali ini guna menangkal bahaya laten suap dan korupsi dalam sistem edukasi yang diawali dengan mencontek. Ujian sendiri digelar di ibu kota Phnom Penh dan para pelajar digeledah sebelum masuk ruang kelas, demi memastikan tidak membawa alat contekan atau ponsel.

5. Ujian pelajar China diawasi teropong di ruang terbuka

5

Dan peraturan ujian paling ketat yang terakhir terjadi di negara China. Di sana, para Akademi Shaanxi Sanhe di Kota Baoji, provinsi Shaanxi, barat daya China, menggelar ujian para siswanya di luar ruangan.

Sebanyak 3.800 siswa duduk mengerjakan ujian tiga mata pelajaran pada hari Kamis (13/11) di lapangan olah raga. Minimal 80 staf pengajar memantau mereka dengan menggunakan kamera tingkat ketajaman tinggi, dari atas tangga, bahkan menggunakan teleskop. Aturan kolosal ini digelar, agar para siswanya tidak menyontek saat ujian. Diharapkan secara psikologis mereka diawasi secara terbuka.

Nah, itulah dia kelima negara yang punya peraturan ujian ketat.

Lihat juga : 10 Foto ABG Selesai Ujian Nasional Ini Bikin Kamu Geleng Geleng Kepala

 


Like it? Share with your friends!