Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Mencuci Apel Sebelum Dimakan


ilustrasi-makan-apel_20160825_124352

Palingseru.com – Buah apel memang merupakan buah yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, jika kamu mengonsumsinya dengan cara tidak benar, maka kamu tidak akan mendapatkan nutrisi dari buah apel.

Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang banyak saat memakan apel adalah dengan tidak mencucinya terlebih dahulu.

Kebanyakan orang berpikir jika apelnya bersih karena kulitnya terlihat mengkilap. Namun, yang terlihat bersih itu belum tentu bersih kan. Bisa saja apel itu sudah terkontaminasi bakteri patogen dan residu pestisida. Bakteri berukuran mikro sehingga tidak terlihat dengan kasatmata.

Memakan apel umumnya memang dimakan beserta dengan kulitnya, tapi terlebih dahulu harus dicuci dengan bersih agar kita bisa mendapatkan nutrisi apel dengan baik.

Baca juga : 5 Manfaat Makan Satu Buah Apple Setiap Hari

Sandria Godwin, PhD, RD, LDN, seorang profesor dari Department of Family and Consumer Sciences di Tennessee State University mengatakan, ada beberapa potensi kontaminasi patogen atau mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan selama perjalanan buah-buahan untuk dijual.

Bakteri patogen yang harus diwaspadai adalah  E. coli, salmonella, listeria dan norovirus, karena dapat menyebabkan diare, demam, gagal ginjal, dan infeksi saluran kemih.

Selain itu kontaminasi bakteri juga bisa berasal dari laci buah-buahan didalam lemari es yang kebanyakan tidak pernah dibersihkan.

Jadi, jika ingin mengonsumsi apel sebaiknya cuci bersih dengan menggosok apel menggunakan tangan dibawah air mengalir.


Like it? Share with your friends!