4 Tempat di Indonesia ini Katanya Hanya Dibangun dalam Waktu Satu Malam Aja. Mau Tahu Apa Aja Itu ?


3

Palingseru.com – Tahukah kamu jika beberapa tempat wisata di Indonesia ternyata memiliki legenda tempat yang dibangun dalam semalam.

Hal ini mungkin terdengar agak tidak masuk akal. Tapi percaya gak percaya, inilah ke empat tempat yang katanya dibangun dalam semalam.

Mau tau tempat apa saja itu ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir forum.suara.com.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Ini Banyak Hantunya Kamu Berani Datang?

1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon

1

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, merupakan masjid tertua di Kota Cirebon. Konon katanya masjid ini dibangun dalam waktu semalam. Dimulai sejak magrib dan selesai menjelang subuh. Sunan Kalijaga selaku arsitek disebutkan mengerahkan jin untuk membangun masjid. 

2. Masjid Tiban, Surabaya

2

Masjid Tiban adalah masjid peninggalan Wali Songo yaitu Sunan Ampel. Nama masjid ini sebenarnya Masjid Rahmat, karena nama asli Sunan Ampel adalah Raden Rahmat.

Nama Masjid Tiban tak terlepas dari legendanya. Tiban menurut bahasa lokal berarti tiba-tiba ada pada keesokan harinya, seperti mendadak jatuh dari langit. Tapi bangunan aslinya sangat kecil dan yang sekarang ini sudah berkali-kali di renovasi.

3. Candi Prambanan, Yogyakarta

3

Candi Prambanan ini dibangun oleh Rakai Pikatan pada tahun 850 Masehi. Namun, cerita legendanya menceritakan jika Candi Prambanan ini  lekat dengan kisah Roro Jonggrang yang minta dibuatkan 1.000 candi dalam semalam.

Lalu, demi mendapatkan Roro Bandung Bondowoso mengerahkan bala tentara jin untuk membangun 1.000 candi. Tapi Roro berhasil membuat suasana seolah sudah pagi sehingga Bandung tak berhasil dan mengutuk Roro Jonggrang untuk menggenapkan candi ke 1000 nya. Durga di Candi Prambanan dipercaya sebagai jelmaan Roro Jonggrang.

4. Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

4

Ingat dengan legenda Sangkuriang. Kisah ini erat kaitannya dengan Gunung Tangkuban Perahu. Dalam cerita legendanya, Dayang Sumbi demi terhindar dari menikahi anaknya sendiri, Sangkuriang, menantang minta dibuatkan danau dan perahu besar dalam waktu semalam saja.

Namun, Sangkuring gagal lalu ia marah dan menendang perahu sampai terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Itulah dia ke empat tempat yang dibangun dalam semalam.

 

More From: Taukah Kamu