5 Produk Sekali Pakai ini Ternyata Jadi Sumber Polusi Bagi Bumi. Pasti Kamu Pernah Membuangnya


cats

Palingseru.com – Tahukah kamu jika polusi udara yang semakin menjadikan udara kota di sejumlah kota ini ternyata bukan hanya disebabkan oleh tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah melainkan akibat banyaknya produk sekali pakai yang sulit untuk di daur ulang.

Mirisnya lagi , produk sekali pakai itupun jarang dibuang dan menumpuk di dalam rumah. Hal inilah yang menyebabkan polusi bumi semakin memburuk.

Produk sekali pakai ini juga dikenal sebagai produk mahal. Dan karena harganya mahal, mereka pun memilih untuk menyimpan produk tersebut walaupun sudah tak layak digunakan lagi.

Baca juga : Ini Dia Fakta Fakta Mengerikan Polusi Kantong Plastik yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia 5 produk sekali pakai yang ternyata jadi sumber polusi bagi bumi.

1. Baterai sekali pakai

Penggunaan barang elektronik bersumber tenaga baterai ini juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan polusi bumi semakin buruk. Khususnya penggunaan baterai sekali pakai.

Diketahui jika orang-orang Amerika membutuhkan energi besar untuk mencukupi kebutuhan energi dengan menggunakan electronic devices hampir 3 miliar bateri sekali pakai per tahun. Namun hanya 20 hingga 40 persen yang dapat didaur ulang.

Baterai menimbulkan korosi di tempat pembuangan sampah. Mereka mengeluarkan bahan kimia berbahaya seperti merkuri, timbal, dan lithium, yang bisa masuk ke pasokan air.

2. Busa dan paper cups

Makanan yang dijual menggunakan paper cups ini juga bisa menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan polusi di bui. Teurutama penggunaan paper cups . Sementara itu , penggunaan kopi di Amerika yang melibatkan pemakaian busa polystyrene dan kertas cangkir ini juga bisa menambah sumber polusi bumi.

3. Kertas tisu

Kertas ini bermanfaat untuk memebrsihkan debu pada barang-barang rumah tangga atau furnitur.

Orang Amerika menggunakan produk ini hingga mencapai 3000 ton dalam sehari.

Untuk menghindari penggunaan paper towel yang berlebihan kamu dapay beralih ke kain, kain microfiber, atau bar pel handuk, yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali.

4. Kertas dan tas plastik

Tercatat ada 100 miliar kantong plastik digunakan setiap tahunnya di Amerika dan kebanyakan dari mereka berakhir di tempat pembuangan sampah. Sedangkan papaer bags lebih mudah untuk didaur ulang ketimbang plastik namun membutuhkan lebih banyak air, energi, dan bahan kimia. Kedua bahan tersebut jika semakin lama ditumpuk ditempat sampah akan menjadi sumber polusi bumi yang semakin parah.

5. Pisau cukur sekali pakai

Tahukah kamu jika pisau cukur sekali pakai ini bisa menjadi sumber polusi bumi. The Environmental Protection Agency memperkirakan bahwa Amerika menggunakan kira-kira 2 miliar plastik pembungkus alat cukur per tahun.

Nah, itulah dia kelima produk sekali pakai yang menjadi sumber polusi bumi.

Lihat juga : 5 Kota di Asia Dengan Tingkat Polusi Paling Tinggi


Like it? Share with your friends!