Kisah Haru dari Pelosok Sukabumi, Warga yang Sakit Parah Harus Ditolong Polisi


32898e4d-159c-49ba-8d50-e5f6577b1583_169

palingseru.com – Di balik keindahan kota Sukabumi ternyata menyimpan kisah mengharukan. Kisah mengharukan ini datang dari pelosok Sukabumi, tepatnya di Kampung Cilubang, Desa Cibencoy, Kecamatan Cireunghas.

Kampung ini bisa dikatakan jauh dari yang namanya sentuhan kendaraan. Selain karena faktor ekonomi, juga karena faktor jalanan kampung yang amat sulit.

Dengan kondisi tak memungkinkan seperti itu, seringkali warga yang mengalami sakit parah tidak mendapatkan perawatan medis. Karena jarak dari kampung ke rumah sakit terdekat sangat jauh. Belum lagi jalanan yang tak rata.

Namun beruntung, dengan adanya sentra pelayanan kepolisian di kampung tersebut, warga bisa mendapatkan pertolongan segera.

Ajay, selaku ketua RT 01 RW 09, menceritakan dirinya pernah meminta bantuan kepada polisi untuk membawa tetangganya yang menderita penyakit liver untuk dibawa ke rumah sakit.

“Warga saya Bu Sanah (41) sudah lama menderita sakit liver, sekitar pukul 16.00 WIB, Senin (19/9) penyakitnya memburuk. Karena lokasi rumahnya berdekatan, saya langsung datang ke Polsek dan minta bantuan kendaraan untuk mengantarkan Bu Sanah ke tempat pelayanan medis terdekat,” kata Ajay, seperti dikutip Detik.com, Rabu (21/9/2016).

89f044e2-f635-40da-b2c5-95d017233a68_169

Sesampainya di Polsek laporan Ajay direspon dua anggota Polsek, Bripka Asep Chandra dan Brigadir Darsono Budiman.

Dengan membawa kendaraan patroli Backbone, kedua polisi berhati mulia itu langsung menuju lokasi kediaman warga yang sakit tersebut. Namun karena kondisi jalan yang tak memungkinkan kendaraan tak bisa langsung masuk ke kediaman Sanah, janda satu anak itu pun diangkat menggunakan tandu darurat.

“Karena kendaraannya tak masuk langsung ke kediaman Sanah, dua polisi itu inisiatif agar bu Sanah dimasukan ke sarung, dan sarungnya digotong dengan bambu sampai ke kendaraan patroli. Ini pemandangan mengharukan buat saya, ngeliat polisi nandu warga di jalanan tanah dan licin,” ungkap Ajay.

Setelah satu jam perjalanan, akhirnya tiba di RSUD R Syamsudin SH, Kota Sukabumi.

Sementara itu, Kapolsek Cireunghas Ipda Eriyanto mengungkapkan bahwa pemandangan semacam itu sudah menjadi hal yang biasa. Pihaknya bahkan pernah mengantar warga untuk ke pasar.

“Sebetulnya bukan hal yang aneh ketika anggota kita membantu warga, jangankan hanya untuk antar warga ke tempat pelayanan medis, untuk antar warga ke pasar saja sudah biasa. Kalau ada anggota mau meluncur ke Polres Sukabumi Kota, ada warga mau ikut di bak belakang mau ke pasar suka kita layani,” kata Eriyanto sembari tertawa.

More From: Berita Menarik