Ini Dia 7 Jalur Kereta Api Paling Ekstrem di Dunia. Salah Satunya Ada di Indonesia


 

palingseru.com – Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang banyak digunakan negara di penjuru dunia. Termasuk Indonesia.

Alat transportasi ini dianggap sebagai transpotasi darat paling istimewa. Dikatakan seperti itu karena ia memiliki jalur yang spesial. Dengan jalur tersendiri itu membuat kereta api bebas dari yang namanya ‘macet’.

Nah, bicara jalur kereta api, ada lho jalur yang terkenal akan ke-ekstremannya. Mau tahu di mana saja? Berikut 7 jalur kereta api yang masuk dalam daftar jalur paling ekstrem di dunia, dilansir Tribuntravel.com.

1.Tren A Las Nubes, Argentina

0001

Jalur kereta api daftar pertama datang dari Negara Argentina. Jalur yang menghubungkan Salta di Argentina bagian Utara dengan La Polvorilla berbatasan dengan Cili ini memiliki ketinggian hingga 13.850 kaki di atas permukaan laut.

Dengan itu, jalur ini pun mendapat predikat sebagai jalur jembatan tertinggi ketiga di dunia.

Yang membuat jalur ini lebih ekstrem lagi adalah rute curam, yang siap mengaduk-aduk perut para penumpang.

2.Aso Minami Route, Jepang

0002

Berikutnya berada di daerah gunung berapi paling aktif di Jepang. Berbeda dengan jalur kereta lainnya yang hanya dari jalurnya saja yang seram, tapi yang satu ini bakalan lebih seram bila sewaktu-waktu gunung tersebut akan meletus.

3.Jembatan Cikurutug, Jakarta-Bandung, Indonesia

0003

Dan jalur paling ekstrem berikutnya datang dari dalam negeri kita, yakni Indonesia.

Jembatan Cikurutug ini telah ada sejak zaman Belanda dahulu. Dapat dipastikan, siapa pun yang menaikinya akan deg-degan. Bagaimana tidak, dapat dilihat betapa tingginya jalur jembatan tersebut. Namun di sisi lainnya kamu akan mendapatkan pemandangan luar biasa yang terbentang di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

4.Kuranda Scenic Railway, Australia

0004

Kuranda Scenic Railway merupakan jalur kereta tertua di Australia. Diketahui, jalur ini dibangun sejak abad ke-18. Jalur ini sendiri menghubungkan Kuranda dan Cairns yang melintasi hutan tropis lebat.

Ketika kamu melintasi jembatan ini maka kamu akan diberikan sensasi tersendiri. Karena air terjun tak jauh dari jalur tersebut biasanya memuncratkan air ke arah kereta.

5.Chennai-Rameswaram Route, India

0005

Untuk jalur yang satu ini memang akan membuat hati para penumpang berdegup kencang. Lihatlah gambar di atas. Jalur tersebut berada di tengah-tengah pulau di pantai selatan India.

Kabarnya, kalur kereta dengan panjang 1,4 mil ini sering terjadi kecelakaan. Salah satu peristiwa kecelakaan yang paling fatal adalah pada tahun 1964. Di mana kereta api yang membawa penumpang sekitar ribuan itu tergulung badai di jembatan tersebut.

6.White Pass and Yokun Route, Alaska

0006

White Pass and Yokun Route ini dibangun pada tahun 1898.

Jalur perlintasan kereta api ini juga tak kalah seramnya. Jalurnya saja berada di atas ketinggian 9.000 kaki, dengan panjang 20 mil.

7.Ounteniqua Choo Tjoe and Union Limited, Afrika Selatan

0007

Perlintasan kereta api ini berada di atas jembatan Samudera Hindia dan telah resmi dibuka sejak tahun 1908. Dahulu, rute ini rawan akan kecelakaan. Namun setelah melewati sejumlah perbaikan, jembatan ini sudah kokoh sehingga jauh lebih aman.

More From: Taukah Kamu