Jangan Diremehkan, Ini Bahaya Mengerikan dari Radang Tengorokan yang Tak Kamu Ketahui


Palingseru.com  – Jangan pernah remehkan radang tenggorokan yang biasa kamu alami, karena penyakit ini bisa menjadi berbahaya yang mungkin tidak pernah kamu ketahui sebelumnya.

Menurut dr Syahrial M Hutauruk, SpTHT-KL(K), Ketua Divisi Laring Faring, Departemen THT, FKUI/RS Cipto Mangunkusumo, radang tenggorok ada yang bersifat akut (mendadak) atau kronik (lama dan berulang).

Radang tenggorokan akut biasanya ditandai dengan gejala nyeri pada tenggorokan, nyeri saat menelan, demam, sakit kepala, badan lemas, kadang disertai batuk dan pilek.

Sedangkan radang tenggorokan kronik, biasanya ditandai dengan  terasa kering, rasa mengganjal saat menelan, napas berbau tak sedap dan terjadi berulang.

 

 

“Jika radang tenggorok muncul kurang dari 2 minggu disebut akut dan penyebabnya adalah virus, atau bisa juga karena iritasi dan alergi. Kemudian sub akut yang terjadi antara 2-8 minggu yang disebabkan oleh jamur. Sedangkan, bila terjadi lebih dari 8 minggu disebut kronik, ini disebabkan oleh bakteri streptokokus,” papar dr Syahrial, seperti dilansir Tribunsolo.com.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Jika radang tenggorokan yang kamu alami tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan komplikasi dan meluas ke daerah leher dalam bahkan sampai menimbulkan abses, yang akan terbentuk nanak dan bisa menujuka ke paru-paru.

Selain itu juga bisa berefek pembengkakan tonsil (amandel) hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

“Jadi pembengkakan di leher bukan hanya karena penyakit gondong atau adanya kanker kelenjar getah bening. Radang tenggorok karena infeksi bakteri juga bisa menyebabkan munculnya bengkak di leher,” jelas dr Syahrial.

Pengobatan perlu dilakukan untuk mencegah radang tenggorokan ini menjadi penyakit yang berbahaya.

Jika radang tenggorokan ini disebabkan infeksi virus, maka dokter akan memberikan vitamin penguat daya tahan tubuh. Namun, jika disebabkan infeksi bakteri maka dokter akan memberikan antibiotik.

 

 


Like it? Share with your friends!