5 Proyek Mustahil Ini Telan Dana Hingga Ratusan Triliun Rupiah


 

palingseru.com – Sepanjang perdaban manusia, industri konstruksi di berbagai negara mampu membuat kita berdecak kagum. Tapi untuk pembangunan yang dilakukan kelima negara ini justru membuat kamu melongo. Bagaimana tidak, selain pengerjaannya yang memakan waktu sangat lama, dana yang dikeluarkan pun terbilang sangat fantastis.

Bahkan ada yang mencapai USD 23,5 miliar atau sekitar Rp 308,6 triliun.

Dihimpun dari merdeka.com, Sabtu (12/11/2016), inilah 5 proyek mustahil yang menelan dana ratusan trilun.

1.Kota Metropolitan, Turki

kota-metropolitan-turki-rev3

Pada 2012, Turki memulai proyek pembangunan kota buatan yang tahan akan gempa. Pembangunan ini harus menghancurkan tujuh juta bangunan. Dengan begitu, dana yang dikeluarkan pun tentu tak sedikit. Dikabarkan, bahwa pembangunan ini telah menelan biaya USD 400 miliar atau setara Rp 5,254 triliun. Pembangunan ini dipastikan akan selesai pada 2032.

2.Terowongan bawah laut, Norwegia

terowongan-bawah-laut-norwegia-rev2

Jembatan bawah laut di Selat Sognefjord ini menghabiskan dana sebanyak USD 25 miliar atau setara Rp 328,3 triliun. Jembatan yang berukuran badan dari 4.000 kaki dan lebar 3.000 kaki ini menjadi terowongan terapung pertama di dunia.

3.Jalur Riyadh Metro, Arab Saudi

jalur-riyadh-metro-arab-saudi-rev2

Pembangunan tak masuk akal di dunia yang telah memakan biaya besar berikutnya adalah jalur kereta api di Arab Saudi. Diketahui, pembangunan infrastruktur yang dirancang Arsitek kenamaan Inggris, Zaha Hadid ini menelan biaya sebesar USD 23,5 miliar atau setara Rp 308,6 trilun. Jalur kereta yang memiliki panjang 109 mil ini mulai beroperasi pada tahun 2019.

4.Jembatan Teluk Jiaozhou, China

jembatan-teluk-jiaozhou-china-rev2

Jembatan Teluk Jiaozhou ini berhasil memecahkan rekor sebagai jembatan lintas laut terpanjang di dunia. Panjang jembatan ini mencapai 26 mil. Jembatan ini memotong setengah waktu dari China Timur ke Pulau Huangdao.

5.Kanal Panama

kanal-panama-rev2

Dari sekian proyek pembangunan di atas, pembangunan terakhir ini yang paling lama pengerjaannya. Yakni 102 tahun. Dengan waktu selama itu, pembangunan ini pun membutuhkan dana mencapai USD 5,4 miliar atau Rp 59,1 triliun.

More From: Taukah Kamu