Ini Dia 5 Presiden di Dunia Yang Menolak Mengambil Gajinya. Apa Jokowi Salah Satunya?


 

palingseru.com – Menduduki kursi pemimpin negara atau presiden mungkin impian semua orang. Namun, seperti yang diketahui, untuk mendapatkan posisi itu, seseorang terlebih dahulu melalui sejumlah proses yang dinilai tidak mudah. Belum lagi tugas besar yang harus mereka tanggungi.

Berat memang, jadi wajar saja bila gaji yang didapat presiden sangat besar. Maka tak heran pula bila orang banyak tergiur dengan profesi ini.

Tapi hebatnya, para presiden ini justru menolak menerima gaji dari negara. Lantas, siapa saja presiden ini? Simak informasinya yang telah dirangkum dalam 5 presiden dunia yang menolak mengambil gajinya, dilansir merdeka.com.

1.John F Kennedy

presiden-amerika-serikat-john-f-kennedy-rev2

John F Kennedy merupakan salah satu presiden Amerika Serikat yang paling terkenal. Bukan hanya terkenal dengan sikap tanggungjawabnya kepada negara, tapi juga kemuliaan hatinya.

Gaji yang diterimanya selama menjabat sebagai presiden AS selalu disumbangkannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Tak sampai disitu, ia juga telah memperbaiki kondisi kerja saat masa jabatannya.

Namun sayang, presiden berhati mulia ini tewas ditembak pada tahun 1963 di Texas saat konvoi.

2.Mauricio Macri

presiden-argentina-mauricio-macri-rev2

Presiden baru Argentina, Mauricio Macri, yang merupakan pebisnis dan keluarga kaya raya ini mengumumkan rencana mendonasikan seluruh gajinya ke dapur umum kaum duafa di Buenos Aires.

Sebagai orang nomor satu di pemerintahan Argentina, Macri mendapatkan penghasilan sekitar 100 ribu Peso atau setara Rp 151 juta. Namun itu belum termasuk dengan biaya pajak, jika ditotalkan secara keseluruhannya, Macri hanya mendapatkan Rp 46,6 juta.

Gaji bersih itulah yang akan disumbangkan Macri kepada sedikitnya 1.800 duafa setiap harinya di Villa Soldati sebelah selatan ibu kota Argentina.

Namun rupanya niat mulianya ini tak diterima baik semua warganya. Pria berusia 56 tahun ini dimusuhi serikat buruh dan pegawai negeri Argentina.

3.Lee Myung Bak

presiden-korea-selatan-lee-myung-bak-rev2

Sejak menjabat sebagai presiden pada 25 Februari 2008, Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak sudah akrab dengan kegiatan amal. Bahkan saking pedulinya dengan orang tidak mampu, ia berjanji akan menyumbangkan seluruh gajinya selama menjabat lima tahun.

Meski tak ada info pasti berapa total yang disumbangkan Lee. Namun, ini sudah menunjukkan bahwa ia adalah seorang pemimpin dermawan.

4.Herbert Hoover

presiden-amerika-serikat-herbert-hoover-rev2

Presiden Amerika Serikat Herbert Over memang telah lama aktif di dunia amal jauh sebelum dirinya menduduki kursi pemimpin negara.

Presiden ke-31 ini pernah menyumbangkan dana lebih dari USD 1 miliar untuk memberi makan 11 juta warga Belgia yang kelaparan, saat terjadinya Perang Dunia I.

Dan hal ini kembali ditanamkannya saat ia berhasil menduduki kursi petinggi di pemerintahan. Hoover menolak menerima gaji, dia lebih memilih menyumbangkan gajinya untuk kegiatan amal dibandingkan keperluan pribadinya.

5.Donald Trump

presiden-amerika-serikat-yang-baru-terpilih-donald-trump-rev2

Dan terakhir datang dari presiden baru Amerika Serikat, yang terpilih pada 8 November 2016 lalu. Trump pernah mengatakan jika dirinya tidak akan pernah mengambil gajinya sepeser pun. Hal ini diungkapkannya pada 17 September 2015, dalam suatu acara di Rochester, Negara Bagian New Hampshire.

“Hal pertama yang akan saya lakukan jika terpilih jadi presiden, saya tidak akan menerima gaji itu. Itu bukan masalah bagi saya,” kata dia saat itu.

More From: Taukah Kamu