SALAT MASIH BERSEPATU, FOTO RAJA SALMAN INI KEJUTKAN NETIZEN


Palingseru.com – Foto yang menunjukkan rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memakai sepatu saat menunaikan salat di Masjid Istiqlal pada Kamis lalu (2/3/2017) menjadi perbincangan jagat media sosial.

Foto tersebut dengan cepat menyebar di media sosial, bahkan kini menjadi viral.

Seperti yang terlihat pada foto, yang memakai sepatu bukanlah Raja Salman tetapi adalah seseorang yang berada di sebelah Raja Salman.

Raja Salman sendiri hanya memakai alas kaki seperti kaus kaki berwarna cokelat.

Namun entah kenapa, foto tersebut langsung menjadi bahan perbincangan netizen. Bahkan ada pula yang menyayangkan hal tersebut.

“Tetap bersepatu, sebagian umat Islam Indonesia yg sering terlalu kaku beragamanya. Apa2 marah, sesat, kafir dst. Jadi gak asik @tsuroiya” komentar netizen bernama @HaryotoMdn.

“Jadi di endonesa aja ya yg umatnya terlalu lebay dalam menjalankan ritual ibadahnya? siapa tuh yg ngajarin?” timpal netizen lainnya.

Soal memakai alas kaki di Masjid ini memang selalu ramai diperbincangkan. Entah mereka yang gaduh itu mengerti atau tidak hukum Islam.

Namun sebenarnya, memakai alas kaki ataupun sepatu di dalam Masjid itu diperbolehkan.

“Dalam sebuah hadist dijelaskan shalat memakai sepatu diperbolehkan, apalagi dalam keadaan safar atau sedang dalam perjalanan,” jelas Munif Attamimi, Alumni IIUM Lahore jurusan pemikiran Islam, sebagaimana dikutip TribunWow.com.

Menurut Munif, hal itu juga pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ia kemudian memaparkan sebuah hadits, seperti berikut:

Sahabat Almughiroh bin Syu’bah pernah dalam sebuah perjalanan bersama Nabi Muhammad SAW. Beliau berkata, ketika Nabi berwudhu, saya menunduk untuk melepaskan sepatu beliau.

Namun beliau melarangnya dan mengatakan; Biarkan dia, karena saya memakainya dalam kondisi suci kemudian Nabi mengusap sepatunya lalu menunaikan Sholat. (HR. Bukhari dan Muslim).

More From: Berita Menarik