5 Hal ini jadi sorotan dunia ketika Raja Arab Saudi kunjungi Indonesia


Palingseru.com – Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, ke Indonesia, 1 Maret 2017 memang menyita perhatian publik.

Bahkan kedatangannya kali ini sangat ramai diperbincangkan.

Pasalnya, ini adalah kunjungan kali ketiga setelah 47 tahun silam.

Ternyata tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang menyorot kunjungan Raja Salman.

Beberapa media asing ternama di dunia, seperti CNN, The Sun, ABC.net.au dan media asing lainnya juga turut memuat berita kunjungan bersejarah Raja Salman.

Lalu, apa yang membuat kunjungan kenegaraan Raja Salman ke Indonesia menarik perhatian dunia, dan seperti apa berita yang dimuat mereka? Berikut informasinya yang dihimpun dari Liputan6.com, Senin (6/3):

1.Kargo Hampir 500 Ton

Total muatan yang dibawa Raja Salman dalam kunjungan kenegaraan ke Indonesia ternyata menarik perhatian media Inggris, The Independent. Melalui artikel berjudul, “King Salman of Saudi Arabia lands in Indonesia with 459 tonnes of luggage and two mercedes”.

Seperti yang diketahui, sebelum tiba di Indonesia, pihak Arab Saudi telah mengirim beberapa barang kebutuhan Raja Salman ke Jakarta dan Bali. Tak tanggung-tanggung, berat muatan yang dibawa mencapai 459 ton.

Muatan hingga beratnya mencapai hampir 500 ton tersebut karena mencakup dua unit Marcedez-Benz S600 dan dua tangga listrik.

2.Tangga Berlapis Emas

Tak hanya membawa mobil super mewah dan tangga listrik, Raja Arab Saudi juga memboyong dua escalator berlapis emas yang akan dipakainya ketika tiba di Indonesia. Tanpa disangka, escalator emas ini menjadi bahan pemberitaan laman Inggris The Sun.

The Sun memberitakan, “Golden Touchdown Saudi King Salman arrives in Indonesia on a gold escalator – along with 506 tonnes of luggage, two limos and 1,000 staff.”

3.Lebih dari 1.000 Delegasi

Laman Australia ABC.net.au dalam tulisan, “Saudi King Salman and entourage of 900 people make milestone visit to Indonesia” memberitakan bahwa dalam kunjungan kali ini Raja Salman membawa serta 900 delegasi.

Reuters juga memuatnya dengan tulisan, “Saudi king to visit Indonesia in March with entourage of 1,500: Indonesian officials”.

4.150 Koki

Ratusan juru masak yang berasal dari Aerofood ACS, sebuah perusahaan penyedia inflight catering berstandar internasional di bawah naungan Garuda Indonesia dikerahkan untuk meracik hidangan terbaik, baik kepada Raja Salman maupun rombongannya selama di pesawat Jakarta dan Bali.

Jumlah koki ini menjadi sorotan Khaleej Times, di mana ia memberitakan, “150 chefs to cook for King Salman’s party in Indonesia”.

5.Ribuan Petugas Keamanan

Ribuan gabungan dari militer dan polisi dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Raja Salman selama berada di Indonesia. Ribuan personel gabungan ini akan ditempatkan di tempat-tempat yang akan didatangi oleh keluarga kerajaan Saudi, seperti di Jakarta, Bogor, dan yang terkini di Bali.

Pengamanan ketat untuk menjaga keamanan kunjungan Raja Salman ke Indonesia menjadi sorotan beberapa media asing, seperti media Singapura, Channel News Asia, dan media China, Xinhua.

Di mana mereka masing-masing memberitakan dengan judul, “Saudi king arrives in Indonesia under tight security” (Channel News Asia, Singapura), dan “Indonesia to deploy 10,000 personnel to secure visit of Saudi Arabia’s King Salman” (Xinhua, China).


Like it? Share with your friends!