5 Fakta Mengejutkan Tentang Laut yang Pasti Belum Pernah Kamu Ketahui


Pusaran paling terkenal adalah Maelstrom di Laut Norwegia.

Palingseru.com – Semua orang yang berada di muka Bumi pasti tahu dengan laut. Karena selama ini, laut juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Terutama para penyelam.

Meski begitu, namuan nyatanya tak banyak yang mengetahui seputar laut.

Ya, di balik keindahan air biru atau hijau, serta biota lautnya, laut rupanya menyimpan setumpuk hal-hal yang tidak pernah kita ketahui sampai saat ini.

Berikut ini adalah 5 fakta mengejutkan tentang laut, seperti dilansir TribunTravel.com.

1.Kedalaman Laut

Dengan hamparan air yang membentang, laut rupanya memiliki kedalaman rata-rata 12.080,7 kaki atau setara dengan 3.682,2 meter, atau setara dengan delapan kali gedung Empire State yang digabungkan. Wow!

Namun angka itu belum menjadi yang terdalam. Diketahui, kedalaman yang paling dalam di laut adalah 36.000 kaki atau 11.030 meter.

Atau setara dengan dua puluh lima kali gedung Empire State.

2.Rasa Asin

Laut memang terkenal dengan rasa khasnya. Apalagi kalau bukan rasa asin. Rasa asin ini didapat dari garam mineral yang terdapat di dalam batu dan tanah. Air yang terbawa dari sungai mengalir ke laut membawa garam secara terus-menerus.

Karena sangat luas, penguapan air di laut menjadi sangat besar. Dan ketika menguap, kandungan garam itu tidak akan tertinggal. Oleh karena itu laut selalu memiliki rasa asin.

3.Air Laut

Fakta yang berikut ini pasti akan mengejutkan kamu. Dan mungkin kamu tidak ingin bermain di air laut lagi.

Para ilmuwan yang melakukan riset pada segelas air laut menemukan adanya jutaan sel bakteri, ratusan ribu fitoplankton, bahkan puluhan ribu zooplankton.

4.Pusaran Air

Pusaran air merupakan fenomena menakjubkan yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

Satu pusaran paling terkenal adalah Maelstrom, di Laut Norwegia, yang terjadi dua kali sehari dengan putaran terbesar dan sangat kuat.

Yang paling mengejutkan, pusaran tersebut berubah setiap tiga sampai empat bulan, dengan putaran yang berlawanan arah jarum jam di bagian utara dan searah jarum jam di bagian selatan.

5.Laut Setan

Mendengar namanya saja sudah membuat kita terkejut.

Laut setan sendiri sebenarnya bukan sebuah laut yang dihuni oleh para setan, melainkan kalimat yang menggambarkan akan keseraman laut tersebut.

Laut setan ini berada di wilayah Pasifik sekitar Pulau Miyake, 100 kilometer selatan Tokyo.

Di sini, badai bisa muncul tiba-tiba dan menghilang secara mendadak. Tidak ada satupun biota laut yang hidup di laut ini.

Yang paling aneh dari tempat ini ialah tidak bisa ditemukan di peta manapun.

Karena begitu seramnya, penduduk lokal setempat pun tidak berani melewatinya.

Dilaporkan sembilan kapal menghilang dalam waktu lima tahun di 1950. Salah satunya adalah kapal riset Jepang, Kaiyo Maru No.5.

Penduduk lokal mengaku sering melihat penampakan bangkai kapal tersebut sebagai kapal hantu.

More From: Taukah Kamu