6 Paten Apple Yang Dilanggar Samsung


Apple-SamsungApple berhasil menang atas perseteruan hak paten dengan samsung, Juri di pengadilan federal San Jose, California, memutuskan samsung bersalah karena  telah melakukan pelangaran hak paten yang dimiliki Apple. Ada 7 hak paten yang diajukan di Pengadilan oleh Apple namun juri hanya menemukan 6 hak paten Apple yang dilangar oleh Samsung, satu hak paten yang diangap jurui tidak melangar adalah paten atas bentuk dari desain fisik dari iPad yang digunakan oleh Samsusng. Nah berikut ini adalah 6 paten milik Apple yang dilangar oleh Samsung.

1. Paten Nomer 381

Paten ini terkait dengan action dalam user interface, yaitu menggeser (drag) dokumen dan kapabilitas multi-touch seperti pinch-to-zoom dan twist-to-rotate. Hal lainnya termasuk efek page bouncingyang muncul ketika pengguna men-scroll suatu halaman hingga mencapai dasar.

2. Paten Nomer 915

Masih terkait dengan antarmuka touchscreen, paten yang satu ini berhubungan dengan kemampuan perangkat untuk membedakan jenis input single-touch untuk scrolling dengan input multi-touch untuk pitch -to-zoom.

3. Paten Nomer 163

Pernah melakukan double-tap untuk membesarkan dan menaruh konten situs web, foto, atau dokumen di tengah layar? Hal itulah yang diatur dalam paten ini.

4. Paten Nomer D ‘677

Beralih ke hardware, hal yang tercakup dalam paten Nomer D ‘677 adalah desain bagian muka perangkat iPhone.

5. Paten Nomer D ‘087

Mirip dengan paten di atas, paten nomer D ‘087 menyebutkan soal desain umum atau yang bersifat ‘ornamental’ pada sebuah perangkat.

6. Paten Nomer D’ 305

Kembali ke user interface, paten nomer D ‘305 menjelaskan desain UI berupa ikon-ikon berbentuk kotak dengan sudut-sudut bulat yang disusun dalam grid di atas latar belakang berwarna hitam.

Di persidangan, Apple sebenarnya mengajukan klaim ganti rugi US$2,5 miliar, namun pengadilan yang dipimpin hakim Lucy Oh hanya memutuskan ganti rugi yang harus dibayar Samsung adalah US$1,05 miliar.

Perang paten Apple Samsung dimulai sejak 2010. Mulanya, Apple mengajak Samsung bernegosiasi membayar lisensi paten karena Apple merasa produk smartphone keluarga Galaxy telah meniru desain dan software iPhone. Namun Samsung tak bersedia membayar lisensi paten, hingga akhirnya Apple mengambil langkah hukum.

baca juga: 7 Gadget Yang Terbuat dari Bahan Sampah

 


Like it? Share with your friends!