5 Antibiotik Paling Banyak Digunakan


Antibiotik PopulerAntibiotik Paling Banyak Digunakan – Antibiotik memang ampuh untuk mengobatai berbgai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri walaupun banyak manfaat yang ditimbulkan jika salah dalam mengkonsumsi atibiotik juga akan menimbulkan efek kesehatan yang tidak baik salah satunya adalah kebalnya bakteri terhadap abti biotik sehinga penyakit akan sulit sembuh. Darai berbagai macam anti biotik yang ada dipasaran 5 anti biotik ini bisa dibilang yang paling populer alias paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kamu ingin tahu antibiotik apa yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia simak 5 Antibiotik Paling Banyak Digunakan  berikut ini.

1. Amoxicillin
Amoxicillin merupakan antibiotik golongan penicillin, lebih spesifik lagi termasuk kelompok aminopenicillin seperti halnya jenis antibiotik populer lainnnya yakni ampicilin. Penggunaannya sangat luas, mulai dari untuk obati infeksi kulit, gigi, telinga, saluran napas dan saluran kemih.

2. Cefadroxil
Cefadroxil merupakan generasi pertama antibiotik golongan Cephalosphorin, yang cara kerjanya hampir sama dengan Amoxicillin dan antibiotik lain di golongan penicillin. Penggunaannya juga sama luas, mulai untuk mengobati dari infeksi kulit hingga saluran kemih.

3. Erythromicyn
Erythromicin merupakan antibiotika golongan makrolid yang sering diberikan pada pasien yang alergi penicillin. Penggunaannya lebih luas dari penicillin maupun cephalosphorin, sehingga sering dipakai sebagai pilihan pertama untuk pengobatan pneumonia atipik.

4. Ciprofloxacin
Ciprofloxacin merupakan antibiotik golongan floroquinolon, salah satu jenis antibiotik paling mutakhir saat ini. Penggunaannya antara lain untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas (sinusitis, pneumonia, bronkitis) dan juga infeksi kulit.

5. Tetrasiklin
Di kalangan pekerja seks, tetrasiklin cukup populer karena jenis antibiotika ini paling sering jadi pilihan utama untuk mengobati infeksi kelamin seperti chlamydia dan gonorrhea atau kencing nanah. Penggunaan antibiotik jenis ini mulai dibatasi, karena memicu masalah resistensi yang membuat kuman gonorrhea jadi kebal antibiotik.

baca juga: 4 Akibat Jika Antibiotik Tidak Dihabiskan

Bahaya Konsumsi Antibiotik Sembarangan


Like it? Share with your friends!