5 Manfaat Cengkih Untuk Kesehatan


Manfaat cengkih

Manfaat cengkihCengkih biasanya banyak digunakan sebagai bumbu masakan rasanya yang sedikit pedas dan manis membuat cengkih menjadi salah satu bumbu masakan yang sedap, namunĀ  tahukah kamu ternyata cengkih juga banyak lho manfatnya untuk kesehatan dan dapat menjadi obat herbal yang mujarab. Nah berikut ini ada 5 manfaat Cengkih untuk kesehatn mau tahu apa aja itu simak berikut ini.

1. Sakit gigi

Untuk masalah pada gigi, Anda bisa mengoleskan minyak cengkih di area gigi yang terasa sakit. Minyak cengkih akan bekerja sebagai antiseptik, pereda nyeri, dan sebagai pencegahan terjadinya infeksi. Selain itu, cengkih juiga mengandung zat yang bernama eugenol yang membantu menenangkan saraf gigi.

2. Menghilangkan mual

Anda cukup mengonsumsi segelas air rebusan cengkih. Bisa juga ditambahkan dengan madu jika Anda kurang menyukai rasanya.

3. Menghentikan batuk berdahak

Mengunyah cengkih dapat menyembuhkan batuk. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

4. Hilangkan bau mulut

Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan an**mikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Nah, untuk urusan yang satu ini, Anda bisa berkumur dengan air rebusan cengkih satu kali sehari.

5. Pereda Stres

Sekarang ini sebagian orang meredakan stres dengan terapi-terapi pereda stres yang menggunakan bahan berbahaya. Untuk itu, tak ada salahnya bila mencoba cara alami yang terbuat dari cengkih. Caranya, didihkanlah air yang dicampur dengan daun kemangi, daun mint, dan cengkih. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyeduh teh. Bila Anda suka madu, bisa ditambahkan dalam seduhan minuman tersebut. Secangkir minuman sehat ini bisa bantu meredakan ketegangan pada diri Anda.

Nah itulah beberapa manfaat Cengkih bagi kesehat semoga bermanfaat.

baca juga: 5 Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

8 Manfaat ML Untuk Kesehatan


Like it? Share with your friends!