Tumpukan Batu Misterius yang ditemukan di Sungai yang sempat bikin heboh ini ternyata bukan dibuat Kekuatan Mistis, Gini Nih Kata BNPB


Palingseru.com – Misteri fenomena aneh berupa batu sungai yang bertumpuk dengan rapi di Sungai, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya terpecahkan.

Sebelumnya, tumpukan batu yang berjumlah 99 itu dikait-kaitkan dengan hal mistis oleh warganet.

Seiring mencuatnya hal tersebut, Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho langsung angkat bicara.

Melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, dia menegaskan bahwa tumpukan batu di sungai tersebut murni dikerjakan oleh tangan manusia, bukan dengan kekuatan mistis.

“99 tumpukan batu di Sungai Cidahu di Kampung Cibijong RT 01/01, Desa Jayabakti, Kec. Cidahu, Kab. Sukabumi, Jawa Barat dibuat oleh warga pada 29/1/2018. Bukan kekuatan mistis yang membuatnya. Tapi oleh warga yang hobi dan ahli menyusun batu. Agar masyarakat peduli sungai,” tulis Sutopo, Sabtu (3/2/2018), demikian melansir today.line.me.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh komunitas Balancing Art Indonesia.

Melalui akun Facebook Rock Balancing Indonesia, komunitas tersebut mengaku bahwa mereka lah orang yang membuat tumpukan batu di Sungai Cidahu.

via: today.line.me

“Jika masih ada yang bingung, beliaulah seniman yang kerja lembur membikin rock stacking di Sukabumi. Salam dari kami Komunitas Balancing Art untuk warga Sukabumi dan sekitarnya,” tulis komunitas tersebut, Jumat (2/2).

Untuk pengerjaan itu sendiri, mereka memiliki alasan dan tujuan. Yakni di mana ingin menyampaikan pesan untuk mengajak semua warga menjaga alam sekitar.

“Sementara Balancing Art Indonesia adalah seni tanpa batasan religi. Seni yang mengajarkan kita sadar jika kita hanyalah bagian dari ciptaan Tuhan yang hidup di antara berbagai elemen alam. Eleman alam yang saling berhubungan satu sama lain. Jika salah satunya terganggu maka yang lainnya akan bermasalah,” tulis komunitas tersebut.

More From: Berita Menarik