Siapa Sangka Kedalaman Danau Toba Mencapai 1600 Meter dan Keberadaan KM Sinar Bangun dan 184 Korban Belum Terdeteksi


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Danau Toba, yang menjadi saksi bisu atas insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun beberapa waktu lalu kini membuat terkejut semua pihak termasuk Basarnas.

Pasalnya, saat tim Basarnas melakukan pencarian menggunakan alat Remote Observasi Vehicle (ROV), yang bisa menjangkau hingga 350 meter, tidak dapat menemukan bangkai kapal maupun 184 korban yang hilang.

Hal serupa juga terjadi saat tim Basarnas menggunakan alat Multibeam Side Scan. Padahal, peralatan milik TNI AL tersebut punya jangkauan hingga 600 meter, melansir TribunMedan.com.

Sementara dalam laporan di Wikipedia, Danau Toba memiliki kedalaman 505 meter.

Ternyata, Danau Toba memiliki kedalaman lebih dari yang diperkirakan selama ini. Bahkan data ini sangat mengejutkan semua pihak.

Dalam video yang diunggah akun Ama Ni Khania Butarbutar, terungkap kedalaman lokasi yang diduga titik KM Sinar Bangun tenggelam mencapai 1.600 meter lebih.

via: tribunnews.com

Video itu ditunjukkan monitor GPS di kapal Dipolair Polda Sumut yang diturunkan dalam pencarian. Monitor GPS menunjukkan kedalaman air yang di bawahnya, dimana menyentuh angka 1.619 bahkan lebih tinggi.

Kepala Basarnas M Syaugi mengatakan timnya akan menggunakan alat yang lebih besar, yang mampu menyisir kedalaman hingga dua ribu meter.

“Jadi besok kita akan datangkan alat yang lebih besar milik Basarnas dari Pekanbaru. Karena alatnya ini sangat besar. Bagaimana pun kita akan berusaha mendatangkan alat ini. Kemampuan alat ini sama, tetapi kemampuannya bisa sampai 2 ribu meter,” katanya.

More From: Berita Menarik