Bentuknya Mirip Istana Negara padahal Bangunan ini hanya Kantor Desa, Biaya Pembangunan Habiskan Uang Rp 1,8 Miliar


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Sebuah kantor desa di Jember mendadak jadi sorotan masyarakat belakangan ini. Pasalnya, kantor desa untuk Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember ini memiliki desain seperti Istana Negara di Jakarta Pusat.

Sebenarnya, kantor desa termegah dan termewah seperti ini bukan pertama di Indonesia. Sebelumnya, kantor desa di Mojokerto juga sempat jadi viral karena memiliki bangunan yang megah dan representatif.

Hanya saja, desain kantor Desa Kemuningsari sangat mirip dengan Istana Negara Kepresidenan sehingga memancing perhatian warga.

Ya, sejak diresmikannya pada 7 Juli lalu, kantor ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan kantor desa ini dijadikan spot berfoto oleh warga yang datang.

Untuk pembangunan kantor desa ini sendiri, Kepala Desa Kemuningsari Kidul, Sujarwo Adiyono menuturkan, membutuhkan waktu sekitar empat tahun dengan menghabiskan dana mencapai Rp 1,8 miliar.

“Dana itu bersumber dari sisa belanja alokasi dana desa, dari pendapatan desa, bagi hasil pajak, dan swadaya masyarakat,” terang Sujarwo, dikutip dari TribunJember.com.

Ia menambahkan, bahwa bangunan kantor desa sebenarnya belum rampung. Masih akan ada pembangunan lainnya lagi, seperti membangun gerbang dan tempat bermain anak-anak.

“Kita akan bangun tempat bermain anak-anak di sekitar kantor desa sebab kita punya areal lahan cukup luas yakni 4 hektar,” ujarnya.

Atas inspirasi bangunan kantor desa mirip Istana Negara ini, Sujarwo berharap tidak hanya dapat membuat aparat desa lebih semangat dalam menjalankan tugasnya tapi juga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar.

“Warga bisa berjualan di sekitar kantor desa sehingga warga bisa mendapat tambahan penghasilan dengan memanfaatkan banyaknya pengunjung yang datang,” tutupnya.

More From: Aneh Unik