Hasil Indonesia Melawan Laos Piala AFF 2012


Pertandingan Indonesia vs LaosHasil pertandingan Indonesia Melawan laos di Piala AFF 2012 pada grub B hanya imbang 2 – 2,  2 gol Indonesia dicetak oleh Raphael Maitimo dan Vendry Moufu  serta 2 gol Laos dicetak oleh Khampheng Sayavutthi dan Keoviengpehth Lithiedth.

Tentunya hasil pertandingan antara Indonesia melawan Laos yang hanya seri 22 tidak memuaskan sebab lawan berikutnya yang harus dihadapi timnas Indonesia masih berada diatas timnas Laos.

Di pertandingan ini, Timnas tertinggal lebih dahulu di menit ke-22 melalui penalti Khampheng Sayavutthi. Namun, Raphael Maitimo mampu menyamakannya di penghujung babk pertama.

Di babak kedua, Timnas kembali tertinggal oleh Laos melalui gol Keoviengpehth Lithiedth. Beruntung Vendry Moufu menyelematkan wajah Indonesia dari kekalahan melalui golnya di menit ke-89 usai memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Andik Vermansyah.

Timnas Indonesia melakoni laga perdana Grup B Piala AFF 2012 melawan Laos yang dihelat di Stadion Bukit Djalil, Malaysia, Minggu (25/11/2012) sore WIB.

Di laga ini, pelatih Timnas Nil Maizar mengusung formasi 4-4-2. Duet Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim dipercaya mengisi lini serang Garuda.

Adapun, duet Muhamammad Taufiq dan Tonnie Cusell menjadi jendral di lapangan tengah, didampingi Okto Maniani dan Andik Vermansyah melalui sisi sayap.

Timnas Indonesia langsung tampil menggebrak sejak awal laga. Pola penyerangan Timnas dibangun melalui tusukan dari kedua sisi sayap yang ditempati Okto dan Andik.

Dalam interval empat menit, dua peluang mencetak gol langsung didapat Irfan Bachdim. Peluang perdana Bachdim hadir di menit keenam. Menerima umpan silang datar Andik dari sisi kiri pertahanan Laos, tembakan first time Bachdim masih melambung di atas mistar gawang Laos.

Empat menit kemudian, Bachdim mendapat peluang emas mencetak angka. Kembali melalui umpan silang Andik, tembakan kerasnya masih ammpu dihalau kiper Laos. Bola muntah kembali disongsong Bachdim. Namun, masih terlalu tinggi di atas mistar gawang Laos.

Timnas harus bermain dengan sepuluh pemain di menit ke-22. Kiper Hendra Prasetyo langsung mendapat kartu merah akibat pelanggaran keras terhadap Vilayout Sayyabounsou.

Khampheng Sayavutthi yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Penaltinya ke arah kanan gawang mengecoh kiper pengganti Wahyu Tri Nugroho.

Laos juga bermain dengan sepuluh orang pada menit ke-33. Kartu merah didapat Sopha Saysana usai menendang keras lutut andik vermansyah.

Timnas akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-42. Berawal dari skema sepak piojok, tandukan Bambang Pamungkas masih membentur mistar gawang. Bola liar kemudian disundul Raphael Maitimo dan gagal diselamatkan kiper. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Timnas Indonesia tampil lebih baik di babak kedua. Para pemain terlihat lebih tenang dalam mengoper bola. Organisasi permainan juga terlihat lebih baik ketimbang di babak pertama.

Namun, hal itu hanya bertahan sepuluh menit saja. Selepas itu, Laos mampu mengambilalih dominasi permainan. Beberapa serangan balik Laos melalui kecepatan Keoviengpehth Lithiedth merepotkan barisan pertahanan Indonesia.

Laos sempat mencetak gol kala pertandingan menginjak menit ke-68 melalui Lithiedth. Namun, gol itu dianulir wasit karena Lithiedth terlebih dahulu melakukan hands ball.

Di menit ke-70, pelatih Nil Maizar menarik Bambang Pamungkas dan memasukkan Vendry Mofu. Tonnie Cussel kemudian didorong ke posisi penyerang. Sementara, Irfan Bachdim digeser ke sayap kanan.

Pergantian tersebut terlihat tidak efektif. Cusell terlihat canggung menempati posisi barunya itu dan kerap membuang-buang peluang.

Petakan menimpa Indonesia di menit ke-79. Berawal dari serangan balik cepat, Lithiedth menusuk masuk kotak penalti setelah melewati dua pemain bertahan Indonesia dan kemudian melepaskan tembakan keras datar ke pojok kanan gawang. 2-1 Laos memimpin.

Namun, Indonesia kembali mampu menyamakan kedudukan di menit ke-89. Tembakan Andik Vermansyah dari sisi kiri pertahanan Laos mampu ditepis kiper Sengphachan Bountisanh. Namun, bola muntah langsung disambar Vendry Mofu menjadi gol. Skor 2-2 bertahan hingga pertandingan usai.

BACA JUGA: Jadwal Lengkap Piala AFF 2012

More From: Berita Menarik