Kenapa Nama Planet Kita Bumi ?


Nama BumiKamu tau gak kenapa nama planet kita ini bumi dan tidak dengan nama yang lainya  ? Setiap bahasa di dunia memiliki nama sendiri untuk menamai pelanet kita ini namun dari arti nama yang berbeda beda semuanya memiliki arti yang sama yang merujuk pada nama bumi.

Pada  dasaranya nama bumi yang berbeda beda pada setiap bahasa di dunia menunjukan bahwa kata bumi itu berati tanah.

Misalnya disebut ‘terra’ dalam bahasa Portugis, ‘dunya’ dalam bahasa Turki, atau ‘aarde’ dalam bahasa Belanda. Namun, apa pun bahasanya, semua kata tersebut memiliki arti yang sama, yakni: tanah.

Kita ambil contoh, bahasa Inggris modern menyebut planet kita dengan ‘Earth’ dan ini tentu ada kemiripan bunyi dengan ‘aarde’ dalam bahasa Belanda, atau ‘Erde’ dalam bahasa Jerman. Karena nenek moyang mereka berasal dari rumpun yang sama yakni Anglo-Saxon (Inggris-Jerman) maka semua kata itu mengartikan ‘tanah’.

Sekadar catatan, dalam bahasa Inggris lama, bumi disebut ‘EOR (th) e’ atau ‘ertha’.
Nah, bagaimana dengan Bahasa Indonesia, mengapa disebut ‘bumi’ ? Kata ‘bumi’ diambil dari bahasa Sanskerta: bumi atau bhumi, dan kata ini pun mengartikan: tanah.

Nah itulah alasan mengapa nama pelanet kita ini bumi karena pada umumnya pelanet kita memiliki tanah yang menjadi sumber kehidupan setiap mahluk hidup yang ada di dunia ini.

baca juga: Bulan Berasal dari Bumi ?

5 Makhluk di Bumi Yang Bisa Hidup di Luar Angkasa


Like it? Share with your friends!