Dianggap sebagai ‘Surganya LadyBoy’, padahal ini yang sebenarnya Mereka Alami di Thailand


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Tidak lagi soal wisata alamnya yang indah, belakangan ini Thailand justru dikenal sebagai surganya para LGBT (lesbi, gay, biseksual, dan transgender).

Ya, negeri Gajah Putih ini merupakan salah satu negara di Asia yang paling toleran terhadap kaum LGBT. Bahkan ada sebuah kawasan yang dikhususkan untuk kaum tersebut.

Tapi sebuah fakta mengejutkan terungkap belum lama ini.

Kath Khangpiboon, salah seorang trangender mengungkapkan, bahwa komunitas LGBT tidak serta merta diterima dan dapat hidup bebas.

“Di luar negeri kamu mungkin berpikir bahwa di Thailand ada ruang yang sangat terbuka untuk mengekspresikan identitas gender kamu jika kamu LGBT. Tetapi kenyataannya, sangat sulit untuk mengungkapkan identitas kami karena kami tidak memiliki dukungan hukum,” ucapnya, dilansir dari Intisari.grid.id.

Bukan hanya soal pengakuan di mata hukum tetapi juga masyarakat yang mendeskriminasi mereka. Termasuk keluarga. Mereka yang merasa malu dengan keputusan putra dan putrinya yang mengganti alat kelamin, tak jarang akan mengusir dan tak mengakui mereka sebagai anak.

Tak cukup sampai di situ, peluang untuk komunitas LGBT mendapat pekerjaan di negerinya juga hanya terhitung berapa persen saja.

“Banyak organisasi atau perusahaan tidak menerima transgender. Karena mereka bisa dan mereka tidak melihat kemampuan yang dimiliki orang transgender,” kata Kath.

Kath sendiri kini sudah dipecat dari profesinya sebagai dosen di Thammasat University setelah isu seputar identitas gendernya dibesarkan oleh komite universitas.


Like it? Share with your friends!