Gini Nih Kronologi Eksekusi TKI Tuti di Arab Saudi, Gaji Gak Dibayar dan Diperkosa


via: merdeka.com

Palingseru.com – Disaat bersamaan tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT610, sebuah kabar mengejutkan juga datang dari Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi dilaporkan secara diam-diam mengeksekusi TKI bernama Tuti Tursilawati di Kota Thaif pada Senin kemarin.

Eksekusi itu dilakukan tanpa pemberitahuan kepada perwakilan Rebuplik Indonesia.

Retno Marsudi, selaku Menteri Luar Negeri sontak mengambil tindakan dengan menghubungi Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al Jubeir, untuk memprotes eksekusi mati TKI asal Majalengka, Jawa Barat tersebut.

“Setelah menerima kabar itu saya langsung menghubungi menlu Saudi. Saya sampaikan protes dan concern kita yang sangat mendalam,” tuturnya.

Menlu Retno menambahkan, dirinya juga sudah berbicara dengan duta besar Arab Saudi untuk Indonesia mengenai hal tersebut.

Mengutip Merdeka.com, dijatuhkannya hukuman mati kepada TKI Tuti Tursilawati karena ia telah membunuh ayah majikannya yang bernama Suud Mulhaq AI-Utaibi, serta membawa kabur perhiasan dan uang SR 31,500 milik majikannya.

Kepada polisi, Tuti mengakui telah membunuh ayah majikannya dengan alasan sering mendapatkan pelecehan seksual.

Tak hanya mendapat pelecehan seksual, Tuti yang baru 8 bulan bekerja untuk majikannya itu juga tidak mendapat gaji selama 6 bulan. Ia hanya digaji untuk dua bulan kerja.

Setelah membunuh korban dan kabur dari rumah majikannya, Tuti malah menjadi sasaran nafsu bejat 9 orang pemuda Saudi. Ia diperkosa, dan semua barangnya dicuri.

Sembilan orang pemuda tersebut telah ditangkap dan dijatuhkan hukuman sesuai dengan ketentuan hukum Arab Saudi.


Like it? Share with your friends!