5 Wilayah di Beberapa Negara ini Ternyata Dilarang Untuk Dilintasi Pesawat. Alasannya Bikin Bengong!


via: google.com

Palingseru.com – Pesawat merupakan salah satu transportasi yang banyak digunakan masyarakat dunia. Hal ini wajar, karena jarak tempuhnya cepat, tidak memakan banyak waktu. Ditambah lagi fasilitas yang disediakan maskapai penerbangan. Tak heran bila penumpang pesawat selalu meningkat, meski menyimpan resiko yang dapat mengancam keselamatan.

Nah berbicara soal pesawat, tahukah kamu bahwa ada jalur yang tak boleh dilewati oleh sembarang pesawat. Ya, meski wilayah udara luas tapi ternyata tak semua area udara boleh dilewati oleh pesawat.

Sedikitnya ada 5 wilayah di beberapa negara yang ‘haram’ dilewati pesawat yang disertai dengan berbagai alasannya. Berikut informasinya, mengutip TribunnewsBogor.com.

1.Amerika Serikat

Meski menyandang predikat sebagai negara maju dan memiliki banyak bandara, ternyata ada wilayah khusus yang sangat dilarang untuk dilintasi pesawat. Wilayah itu adalah Merrit Island, yang merupakan markas Kennedy Space Center milik NASA, sebuah badan angkasa luar milik Amerika Serikat.

Itu karena markas tersebut kerap meluncurkan roket dan percobaan yang dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sehingga dikhawatirkan dapat mengancam penerbangan sipil yang terbang melintas di dekatnya.

2.Arab Saudi

Pilot berkebangsaan Arab Saudi, Hasan Al-Ghamidi menjelaskan pemerintah Arab Saudi meluncurkan larangan terbang di atas Masjidil Haram. Selain memiliki gelombang magnet yang terpancar dari Ka’bah dan adanya ruangan hampa di atas kiblat umat Islam, juga untuk melindungi keselamatan dan kenyamanan para jamaah umrah dan haji.

Sebab, posisi Kota Makkah berada di wilayah pegunungan, yang di mana bisa memantulkan efek suara yang ditimbulkan dari mesin pesawat.

3.Inggris

Untuk di negara yang satu ini, cukup banyak wilayahnya yang dilarang dilintasi. Diantaranya wilayah Buckingham Palace, Kastil Windsor, Downing Street dan Gedung Parlemen. Alasannya, untuk keamanan.

4.Rusia

Untuk negara ini mungkin hampir semua wilayah ‘rawan’ untuk dilintasi pesawat. Para pilot perusahaan penerbangan di seluruh dunia bahkan dihimbau untuk super hati-hati saat memasuki wilayah Rusia. Sebab, Rusia masih terlibat konflik.

Maskapai penerbangan Malaysia Airlines MH17 adalah salah satu pesawat yang menjadi korban. Pesawat yang mengangkut 285 orang ini ditembak rudal jarak jauh saat memasuki wilayah udara Ukraina pada 17 Juli 2014.

Alhasil, pesawat jenis Boeing 777-200ER itu terjatuh dan seluruh penumpangnya tewas.

5.Afrika

Dibandingkan Rusia, Negara Benua Hitam ini lebih rawan. Berdasarkan data Asosiasi Penerbangan Udara International (IATA), angka kecelakaan pesawat di negara ini sebanyak 6,83 per 1 juta penerbangan pada 2009 hingga 2013.

Yang di mana jumlah itu paling tertinggi di dunia.

More From: Berita Menarik