Viral di Medsos Kabar Jika Tsunami Bakal Menerjang Indonesia di Malam Tahun Baru 2019. Gini nih Kata BMKG


via: grid.id

Palingseru.com – Enam hari pasca-tsunami Selat Sunda, masyarakat Indonesia kini dihebohkan dengan pemberitaan yang amat mengejutkan.

Salah seorang pengguna Facebook membagikan sebuah video siaran pemberitaan yang menyebutkan bahwa pada akhir tahun 2018 nanti akan terjadi gempa dan tsunami di seluruh wilayah Indonesia.

Sejak diunggah pada Rabu hingga Kamis kemarin, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari seribu kali oleh netizen.

Seiring mencuat dan hebohnya kabar tersebut, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun langsung angkat bicara.

Kepala Bagian Humas BMKG, Taufan Maulana menegaskan bahwa kabar yang beredar di media sosial itu hoaks alias tidak benar.

“Saya pastikan hoaks,” ujarnya singkat.

Itu karena, menurut Taufan, hingga saat ini belum ada teknologi canggih yang mampu mendeteksi kapan akan terjadi gempa bumi secara pasti dan tepat, melansir Grid.id.

Di sisi lain, tidak semua wilayah Indonesia terdapat gunung api aktif.

Untuk diketahui, tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi.

Dan, 90% tsunami disebabkan gempa bumi bawah laut.

Tapi perlu diingat lagi bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi jika sudah menjadi kehendak Tuhan. Kita sebagai manusia sudah seharusnya memperbaiki diri dengan menjauhi maksiat, yang juga menjadi pemicu datangnya suatu musibah.

More From: Berita Menarik