Denda Rp750 Ribu Bagi yang Merokok di Atas Motor Mulai Diterapkan


via: kaskus.co.id

Palingseru.com – Merokok saat berkendara memang kerap dilakukan sebagian pengendara. Tak jarang hal ini membuat jengkel siapa pun. Bagaimana tidak, asap dan debu dari rokok terkadang masuk ke dalam mata pengendara lain yang berada di belakang si perokok. Yang dimana hal ini tentu saja dapat membahayakan keselamatan para pengendara lain.

Tapi kini kita semua sudah bisa bernafas lega. Pasalnya, sejak 11 Maret 2019 lalu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sudah menerapkan aturan larangan merokok bagi pengendara sepeda motor.

“Penindakan pengendara merokok di sepeda motor di Jakarta sudah berjalan. Begitu peraturan itu keluar, kami langsung melakukan penindakan,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir, dikutip dari Okezone.com.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor itu, para pelanggarnya akan dikenai denda apabila kedapatan melanggarnya.

Tak main-main, tarif denda senilai Rp 750 ribu, hampir memasuki satu juta rupiah.

“Pelanggar sudah mencapai 652 kasus dari aspek menggangu konsentrasi dan tidak wajar. Dan dikenakan denda Rp 750 ribu,” tegasnya.

Dengan adanya penerapan peraturan tersebut, Kompol Muhammad Nasir berharap para pengendara roda dua bisa lebih berkonsentrasi penuh di jalan raya.

“Merokok sambil mengendarai sepeda motor ini dapat mengurangi konsentrasi. Jika, konsentrasi berkurang akan berakibat fatal. Mengancam keselamatan pengemudi dan orang lain,” tukasnya.

More From: Berita Menarik