Si Ayah Harus Bawa Jenazah Bayinya Pulang Karena Tak Punya Uang Rp 1 Juta Untuk Biaya Pemakaman


Palingseru.com – ‘Sudah jatuh tertimpa tangga’, begitulah peribahasa yang tepat menggambarkan nasib seorang ayah di Malaysia ini.

Ia harus dihadapkan sebuah kenyataan pahit dimana bayinya meninggal dunia. Di saat bersamaan, ia pun mendapatkan kejadian tak terduga, yang semakin membuat hatinya sedih.

Pria yang tak diketahui namanya ini kekurangan dana untuk mengurus pemakaman bayinya, yang ditaksir harganya RM300 atau sekitar Rp 1 juta.

Ia pun kebingungan dan akhirnya memutuskan untuk meninggalkan masjid dan membawa pulang kembali jenazah bayinya.

Beruntung, seorang malaikat datang membantunya.

Dia adalah Mohd Zulhairi Zaionol atau kerap disapa Hery.

Hery membantu mengurus pemakaman bayi pria tersebut, dari mulai memandikan, mengkafankan hingga memakamkan sang bayi, tanpa meminta imbalan.

Hery sendiri merupakan pengurus jenazah, namun ia tidak pernah mematok harga alias sukarelawan.

Oleh karena itu, ia pun turut menyayangkan adanya kejadian tersebut, dan mencoba menyuarakan pandangannya tentang sistem pengurusan jenazah di Malaysia yang menurutnya sebagai negara yang institusi agamanya sangat kuat.

“Menguruskan jenazah adalah fardu kifayah, bukan bisnis. Setiap masjid saya fikir patut ada dana atau tunjangan yang dibayarkan kepada petugas untuk mengurus jenazah, bukan ahli waris,” tuturnya, dilansir Tribunnews.com.

Selain itu Hery juga menyoroti soal tingginya biaya untuk pemakaman yang mencapai RM 300 (sekitar Rp 1 juta).

Menurutnya, untuk mengurus pemakaman bayi hanya memerlukan biaya sedikit, kisaran RM60 atau sekitar Rp 200 ribu, upah untuk penggali kubur.

“Biaya juga tidak masuk akal, RM300 untuk menguburkan bayi saya pikir tidak logis,” ujarnya.

More From: Berita Menarik