Benarkah Anak Kedua Lebih Sulit Diatur Dibandingkan dengan Anak Pertama?


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Setiap anak memiliki kepribadian dan karakter berbeda-beda memang bukan jadi rahasia umum lagi. Tapi tahukah kamu bahwa hal tersebut ada berkaitan dengan urutan lahir sang anak?

Ya, diungkapkan oleh Alfred Adler, seorang psikoterapis sekaligus pendiri The School of Individual Psychology, bahwa urutan lahir seseorang berpengaruh terhadap kepribadiannya, melansir intisari.grid.id.

Bukan hanya itu saja, bahkan menurutnya anak kedua cenderung lebih nakal dan sulit diatur dibandingkan anak pertama.

Ada banyak faktor yang mendorong hal ini.

Mulai dari pola asuh yang tidak benar serta sifat ambisius yang dimiliki anak kedua.

Menurut Adler, anak kedua biasanya memiliki daya juang yang lebih tinggi karena ingin mengungguli si sulung yang cenderung dianggap sebagai contoh oleh orangtuanya.

Di samping itu, pola asuh yang tidak benar juga ikut andil dalam hal ini.

Menurut seorang ekomom MIT, Joseph Doyle, anak kedua lebih sering memberontak dibanding sang kakak karena pola asuhnya tidak begitu diperhatikan seperti halnya pola asuh anak pertama.

Hal ini lantas membuat sang adik berusaha memperebutkan perhatian dari orangtuanya.

Namun, yang perlu digaris bawahi di sini, tidak semua anak kedua atau si bungsu tidak bisa diatur. Semua itu tergantung bagaimana pola asuh yang diterapkan kepada anak. Dan jangan pernah mencoba untuk pilih kasih kepada anak, dengan membedakan perlakuan antara anak pertama dan kedua.

Dengan kata lain, lebih memperlakukan anak pertama dengan spesial dan penuh perhatian, namun tidak halnya pada anak kedua. Atau justru sebaliknya.

More From: Gaya Hidup