Inilah 6 Cara Aman Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online


Palingseru.com – Di era yang serba digital ini, pastinya kamu merasakan kalau semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari jauh lebih mudah untuk didapat. Salah satu kebutuhan yang mungkin kerap kamu temukan adalah wadah peminjaman uang. Nah, saat ini banyak banget bermunculan aplikasi-aplikasi baru yang dapat memberi pinjaman dan cicilan secara online.

Tetapi dari berbagai macam aplikasi yang memudahkan pinjaman serta cicilan tersebut, kamu wajib banget untuk tahu cara aman menggunakan aplikasinya. Cicilan online Traveloka PayLater merupakan salah satu wadah yang dapat menjamin keamanan kamu dalam meminjam dan mencicil sesuatu. Namun, kamu tetap harus mengerti cara aman yang paling tepat, dan artikel ini akan memberikan tips buat kamu tentang bagaimana cara paling aman menggunakan aplikasi pinjaman online.

1. Pilih dulu aplikasi pinjaman online sebelum klik ‘install

Hal paling pertama yang wajib kamu perhatikan sebelum melakukan transaksi pinjam uang secara online ini ialah perhatikan dengan cermat jenis aplikasi pinjaman online tersebut. Jadi jangan asal klik ‘install’ saja, kamu juga perlu melihat beberapa komentar beserta ulasannya.

Sangat disarankan untuk memilih fintech pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena, perusahaan fintech yang resmi itu pastinya sudah terdaftar di OJK, dan pasti akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari cara penagihan, ketentuan besar bunga pinjaman yang tidak boleh lebih dari 30%, dan regulasi lainnya.

2. Pilih yang bunganya rendah

Setelah menimbang dan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi fintech pinjaman online yang menawarkan bunga lebih kecil ketimbang lainnya (untuk langkah ini kamu harus benar-benar cermat dalam memilih ya). Karena bagaimanapun, bunga rendah tentunya akan membuat kamu lebih dapat tersenyum lebar dalam meminjam uang, bukan? Jadi perhatikan baik-baik ya.

3. Jangan lupa mencatat tanggal jatuh temponya

Nah, setelah memilih aplikasi fintech yang sudah sesuai sama kebutuhan kamu dan bunganya juga kecil, kemudian uangnya pasti langsung cair dalam waktu tertentu bila pinjaman kamu telah disetujui. Hal paling utama yang wajib kamu ingat bila punya hutang di aplikasi pinjaman online ini adalah menulis catatan kapan tanggal jatuh temponya. Jadi kamu tidak takut lagi akan kelupaan bayar karena lupa mencatat tanggal jatuh temponya.

4. Wajib mengingat jumlah uang yang dipinjam

Wah, kalau ini sampai lupa sih kebangetan ya! Untuk tips satu ini, kamu jangan sampai lupa uang yang kamu pinjam ya, berapa jumlah tagihan atau cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya wajib kamu ingat. Agar tidak kelupaan, kamu perlu mencatatnya di buku catatan kamu yang dikhususkan untuk perihal bayar-membayar. Kalau perlu tuliskan pada lembar notes tempel dan tempelkan di ‘wilayah’ kerja kamu seperti laptop, meja kerja, bahkan mungkin di kalender meja kamu.

5. Pas gajian, langsung sisihkan untuk membayar

Eh, tanggal muda nih, hore gajian! Nah, begitu gaji cair segera sisihkan uang pinjaman kamu kemarin untuk membayar pinjaman online yang kamu lakukan sebelumnya. Jangan pernah kamu  ‘mencampuri urusan’ uang yang telah kamu sisihkan itu untuk keperluan lain. Biar saat tiba waktunya kamu membayar tagihan hutang dari pinjaman online, kamu bisa langsung membayarnya.

6. Jangan sampai telat bayar

Kalau hutang ke teman, mungkin telat bayar hanya kena marah. Namun kalau hutang ke aplikasi pinjaman online jangan sampai telat ya. Jadi catat pastinya tanggal jatuh tempo kamu agar tidak ditagih terus-menerus.

More From: Gaya Hidup