Rumah ini Dibangun Dengan Biaya Kurang dari Rp 50 Juta, Bisa Jadi Solusi Bagi yang Mau Buat Rumah dengan Biaya Murah Meriah!


via: intisari.grid.id/RISHA

Palingseru.com – Ingin membangun rumah namun tidak memiliki dana banyak?

Hal ini memang kerap jadi kendala bagi banyak orang. Apalagi semakin ke sini harga material terus meningkat sehingga ini akan memakan biaya yang lebih banyak.

Tapi tenang, karena baru-baru ini Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membagikan solusi rumah murah, yang tidak lebih menghabiskan dana Rp 50 juta.

Rumah murah tersebut disebut ‘Rumah Instan Sederhana Sehat’ atau disingkat RISHA.

Proses pembangunan RISHA tidak hanya terbilang murah, namun juga lebih cepat pengerjaannya dibandingkan pembangunan rumah biasa.

Hal ini dikarenakan RISHA dibangun dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut.

Ya, kedua benda itu adalah komponen utama dari RISHA.

via: intisari.grid.id

Adapun rincian membangun satu modul RISHA (3 x 3 m), seperti dilansir Intisari.Grid.id, diperlukan 24 panel struktural RISHA P1 (dengan tebal 2,5 cm, lebar 30 cm, tinggi 120 cm), 8 panel struktural RISHA P2 (dengan tebal 2,5 cm, lebar 20 cm, tinggi 120 cm), dan panel penyambung P3 (simpul) yang memiliki ukuran tebal 2,5 cm, lebar 30 cm, tinggi 30 cm, dan dikelilingi frame berukuran 6 x 10 cm.

Dengan jumlah sedemikian itu, maka dana yang dikeluarkan hanya Rp 47 juta. Dana itu meliputi panel struktur (gabungan P1, P2, dan P3) seharga kurang lebih Rp 14,2 juta, panel dinding seharga Rp 7,04 juta, panel kusen Rp 2 juta, serta atap, kaca, sanitair, daun pintu, finishing, dan lain-lain menghabiskan biaya Rp 24 juta.

Bahkan biaya pembangunan bisa lebih murah hingga menjadi Rp 35 juta jika mengkombinasikan panel dinding beton dengan papan gypsum.

Bagaimana tanggapanmu?

via: intisari.grid.id/RISHA

More From: Gaya Hidup