Kota di Filipina ini Melarang Warganya Untuk Bergosip Jika Ketahuan Akan Didenda!


via: suar.grid.id/Kota Binalonan

Palingseru.com – Tak dipungkiri, bergosip merupakan suatu kebiasaan yang tak bisa lepas dari sebagian orang. Khususnya emak-emak. Mereka seolah menjadi kebiasaan itu sebagai ‘hobi’ menarik, sehingga selalu melakukannya ketika berkumpul bersama.

Tapi jangan sekali-kali kamu melakukannya saat berada di sebuah kotamadya di Filipina ini. Karena pemerintah di sana telah menerapkan sebuah aturan baru, di mana masyarakatnya dilarang bergosip.

Melansir Suar.Grid.id, peraturan tersebut pertama kali diberlakukan di lingkungan Capas di kotamadya Binalonan, Provinsi Pangasinan, Filipina, dan ternyata efektif mengurangi perselihan antar warga (yang diakibatkan menyebarkan aib keburukan orang lain) sehingga pemerintah memutuskan untuk memperluas peraturan itu ke tujuh desa di distrik tersebut.

“Melarang gosip adalah cara kami meningkatkan kualitas hidup di kota kami.”

“Kota tanpa gosip lebih bermanfaat karena saya percaya orang memiliki hal-hal yang lebih baik untuk dilakukan daripada berbicara negatif tentang orang lain,” kata walikota Binalonan, Roman Guico III.

Disamping itu, menurut Guico, penerapan aturan ini juga dapat meningkatkan kualitas Binalonan.

“Kami ingin menunjukkan kepada kota-kota lain bahwa Binalonan memiliki orang-orang baik; ini adalah tempat yang baik dan aman untuk tinggal,” ujarnya.

Adapun hukuman yang diberikan para pelanggarnya, yaitu membayar denda sebesar 200 peso atau sekitar Rp 55 ribu serta tiga jam pelayanan masyarakat, berupa membersihkan sampah.

Sementara bagi mereka yang berulangkali melakukan itu, akan mendapat denda uang lima kali lipat serta delapan jam pelayanan masyarakat.

More From: Aneh Unik