Masih Ingat Aldi yang Tak Diluluskan Karena Protes Kebijakan Kepala Sekolah, Akhirnya Ia Diluluskan Juga


via: today.line.me

Palingseru.com – Aldi Ardipan, seorang siswa kelas XII Jurusan IPS SMAN 1 Sembalun, Lombok Timur yang sempat viral beberapa waktu lalu karena tidak diluluskan lantaran bersikap kritis kepada kepala sekolah.

Padahal, siswa yang menjabat sebagai Ketua OSIS itu tercatat peringkat dua di jurusannya dengan total nilai 192. Namun gara-gara mengkritik kebijakan kepala sekolah, yang baru menjabat satu tahun, Aldi dinyatakan tidak lulus saat pengumuman, Senin (13/5/2019) lalu.

Aldi yang tak terima dengan keputusan itu sontak mengambil tindakan. Ia berjuang keras dengan melaporkan kejadian itu ke Ombudsman RI perwakilan NTB, demi mendapat keadilan. Setelah berjuang beberapa waktu lamanya, tepat pada Sabtu (25/5/2019) Aldi akhirnya diluluskan pihak sekolah SMAN 1 Sembalun.

Penyerahan surat kelulusan dilakukan di ruangan mushala yang sekaligus menjadi aula sekolah, dengan disaksikan keluarga dan tim pendamping, seperti Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTB, Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) dan Lembaga Perlindungan Anak dan Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Mataram (Unram), mengutip today.line.me.

Tangis Aldi pun langsung pecah saat berpelukan dengan kepala sekolahnya. Sambil menangis, Aldi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantunya dalam mendapatkan keadilan.

“Saya mengucapkan terima kasih pada semua yang telah membantu saya memperjuangkan nasib saya, saya tidak bisa mengucapkan apa pun kecuali rasa syukur, saya berterima kasih,” tutur Aldi.

Senada dengan Aldi, sang ayah, Nuin, juga mengucapkan terimakasih dan syukur. Baginya, kelulusan sang putra adalah hal yang paling mereka harapkan, karena itu dapat memudahkan perjalanan anaknya dalam menggapai masa depan.

Sementara itu, Komisioner Ombudsman RI perwakilan NTB, Sahabuddin mengatakan bahwa ini sudah menjadi tugas mereka dalam menyelamatkan masa depan para pelajar.

“Ini adalah upaya kami menyelesaikan dengan cara terbaik bagi semua pihak, tanpa saling menyalahkan,” ucapnya.

More From: Berita Menarik