Pembantu Rumah Tangga ini Tewas Setelah Disiksa dan Dikurung Majikannya Selama 5 Hari di Toilet


via: suar.grid.id

Palingseru.com – Kasus penganiayaan terhadap pembantu rumah tangga tampaknya tidak ada ujungnya. Selalu saja ada kasus-kasus baru yang bermunculan tiap waktunya. Padahal keberadaan PRT sangat membantu mereka. Namun entah kenapa banyak majikan yang justru memperlakukan PRT dengan tidak manusiawi.

Seperti apa yang dilakukan TVL kepada PRT 20 tahun berinisial LN. Dia mengurung pembantunya dalam toilet selama lima hari tanpa memberinya makan hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

Kematian korban terdeteksi pada pukul 03.00 WIB, Senin (20/5/2019) di toilet rumah majikannya di kawasan Muara Karang, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Saat ditemukan, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susanto menjelaskan, tubuh korban banyak terdapat luka lebam, yang merupakan hasil kekerasan pelaku terhadap korban selama sebulan terakhir ini.

“Saat ditemukan korban berada di dalam kamar mandi hanya menggunakan pakaian dalam. Itu korban sedang dihukum oleh pelaku di dalam toilet, tidak boleh keluar, dan tidak diberi makan selama 5 hari,” ungkap Kapolres.

“Gigi yang rontok dan luka lebam merata di sekujur tumbuh,” tambahnya.

Korban sendiri, sudah bekerja selama 4 tahun di rumah TVL. Namun selama itu ia tidak diizinkan sekali pun untuk pulang ke kampung halamannya.

“Korban ini asli Garut. Selama bekerja ia bahkan tak diberi izin untuk pulang ke rumah,” terang Kapolres.

Sementara alasan pelaku menganiaya korban bermacam-macam, mulai dari pengerjaan yang tidak sesuai keinginannya hingga berupa alasan korban sering mengambil makanan dan uang receh secara diam-diam.

“Kalau menyeterika baju tidak rapi, kemudian pelaku menyiksanya menggunakan setrika atau pun cobek,” ujar Kapolres.

Pelaku kini telah diamankan pihak kepolisian dan terancam hukuman pidana 15 tahun penjara, berdasarkan Pasal 44 Ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, demikian mengutip Suar.Grid.id, Rabu (29/5).

More From: Berita Menarik