Berkat Aksi Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan, Kini Tuna Hingga Lobster Indonesia Rajai Pasar Dunia


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Kinerja Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan memang patut diacungi jempol. Sejak menjabat, ia telah membawa banyak perubahan berarti bagi Indonesia. Khususnya bagi para nelayan Indonesia.

Seperti dilaporkan dalam kurun waktu 4,5 tahun ini sudah ada 488 kapal pencuri ikan berhasil ditenggelamkan Ibu Susi.

Hal ini kemudian memberi kesempatan bagi nelayan Indonesia untuk mempertahankan mata pencahariannya. Tidak hanya itu, tindakannya itu juga memberi celah bagi Indonesia untuk memiliki stok ikan yang cukup untuk diekspor.

Bahkan, baru-baru ini hasil laut Indonesia dilaporkan mendominasi pasar dunia. Itu karena Norwegia telah mengimpor beberapa produk ikan laut seperti barramundi, tuna, red snapper, makarel, dan komiditi hasil laut lainnya seperti kepiting, udang, cumi-cumi, lobster serta rumput laut.

Kabar baik ini disampaikan oleh Duta Besar Indonesia, Todung Mulya Lubis, seusai berkunjung ke perusahaan Importir Norwegia Sletten Norge AS (sekotor seafood) dan Scanesia AS (produk makanan/minuman kemasan), melansir Intisari.Grid.id.

Dan dari hasil kunjungan tersebut, Indonesia memiliki keunggulan dalam legalitas dan traceability komiditi hasil lautnya.

Todung percaya, jika komiditi hasil laut Indonesia semakin baik, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan merajai pasar dunia di masa mendatang.

More From: Berita Menarik