5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan


manfaat kacang hijau

manfaat kacang hijauSiapa sih gak pernah makan kacang hijau kacang berwarna hijau ini selain enak dimakan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia nah kamu mau tahu manfaat apa yang bisa di dapat dari makan kacang hijau  ? Simka 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan berikut ini.

1. Kolesterol
Kacang hijau yang rendah kolesterol dan mengandung banyak serat sangat cocok dikonsumsi orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Seratnya akan membantu sistem pencernaan sekaligus menurunkan tekanan darah. Direkomendasikan untuk mengonsumsi 10 – 25 gram serat setiap hari, sementara kacang hijau memiliki 1,9 gram serat per cangkir.

2. Kanker payudara
Kacang hijau dan kacang-kacangan lainnya mengandung protease inhibitor. Protease inhibitor diketahui mampu mencegah terbentuknya sel tumor dan kanker yang ada pada payudara.

3. Setelah menopause
Kacang hijau memiliki kandungan isoflavon yang mampu mengatur aktivitas hormon. Isoflavon adalah salah satu jenis phytoestrogen yang mampu meredakan gejala-gejala menopause pada wanita, misalkan rasa terbakar, atau lainnya. Mengonsumsi 90 miligram phytoestrogen setiap hari juga mampu mencegah kerapuhan tulang dan osteoporosis yang mengancam wanita setelah menopause.

4. Diabetes
Kacang hijau termasuk makanan dengan indeks glycemic rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan ini bisa membantu mengatur tingkat gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang hijau dan kecambah kacang hijau selama lima minggu kacang hijau mampu mengurangi tingkat glukosa dalam darah, C-peptide, glucagon, dan tingkat urea nitrogen dalam darah.

5. Protein
Kacang hijau mengandung 3,16 gram protein setiap cangkirnya. Meski tak sebesar protein dalam daging, namun kacang hijau memiliki lebih sedikit lemak dan kolesterol dibandingkan daging.

Nah itulah beberapa manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari makan kacang hijau.

baca juga: 5 Cara Alami Putihkan Kulit

5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

More From: Sehat