Karena Adanya Megathrust, Pantai Cilacap sampai Jawa Timur Terancam Kena Tsunami 20 Meter


via: today.line.me

Palingseru.com – Rasa takut yang amat sangat kini mungkin menghantui masyarakat yang berdomisili di sepanjang Cilacap hingga Jawa Timur.

Bagaimana tidak, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini perihal akan terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 8,8 skala richter.

Yang lebih menakutkan, usai gempa terjadi, sekitar 30 menit setelahnya akan terjadi bencana susulan berupa tsunami dahsyat setinggi 20 meter.

Permodelan Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko mengungkapkan, selatan pesisir Pulau Jawa terancam diguncang gempa bumi dan disapu tsunami dahsyat karena ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa.

Segmen-segmen megathrust itu membentang di sepanjang selatan Jawa hingga ke Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda, demikian melansir today.line.me.

Sementara itu, berdasarkan catatan, gempa besar di selatan Pulau Jawa terakhir terjadi pada tahun 1994 dengan magnitudo 7, namun tidak menyebabkan tsunami. Sedangkan gempa di tahun 2006, dengan magnitudo 6,8 skala richter menyebabkan tsunami di Pangandaran.

“Untuk gempa 1994, tidak ada catatan terjadi tsunami di DIY. Tetapi pada 2006 ada catatan terjadi tsunami di selatan DIY tetapi jangkauannya tidak melebihi Gumuk Pasir di Parang Kusumo,” kata Widjo Kongko.

More From: Berita Menarik