29 Tahun Merawat 3 Saudaranya Yang Keterbelakangan Mental, Mbah Miratun: ‘Saya Tetap Akan Merawat Mereka’


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Saudara kandung adalah sahabat nyata kita di dunia. Mereka tidak akan meninggalkan kita, bahkan di saat susah dan terpuruk sekali pun. Hal ini terbukti dalam kisah Mbah Miratun yang setia menemani dan merawat tiga saudara kandungnya yang mengalami keterbelakangan mental (idiot).

Di rumah sepetaknya yang berukuran 8×7 meter dengan berdindingkan anyaman bambu dan berlantai tanah yang terletak di Dusun Kayen, Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo inilah, Mbah Miratun merawat ketiga saudaranya, Sarmon (53), Legi (50), dan Mesinem (48).

Mulai dari menyiapkan menu sarapan, makan siang dan malam, hingga memandikan dan membasuh organ intim saudaranya seusai buang air kecil atau besar.

via: intisari.grid.id

Rasa lelah dan jenuh, mungkin sering menghampiri Mbah Miratun. Terlebih Mbah Miratun sudah uzur, tidak dapat beraktivitas berat seperti sedia kala.

Namun karena rasa cinta dan kasih sayangnya yang besar terhadap saudara-saudaranya membuat Mbah Miratun terus terdorong untuk merawat ketiga saudaranya hingga akhir hayat.

Mbah Miratun bahkan menolak bila tiga saudaranya dirawat di panti khusus orang-orang yang mengalami keterbelakangan mental, sebagaimana dilansir intisari.grid.id.

via: intisari.grid.id

“Saya akan tetap merawat mereka,” tandasnya.

Sementara tenggang waktu yang telah Mbah Miratun habiskan untuk merawat ketiga saudaranya selama 29 tahun, tepatnya semenjak kedua orangtuanya meninggal dunia.

“Semua saya lakukan sendiri sejak orangtua kami meninggal,” tuturnya.

Keikhlasan Mbah Miratun dalam merawat ketiga saudaranya pun membawa berkah tersendiri. Selalu saja ada pihak yang mengulurkan bantuan kepadanya, entah itu makanan atau uang tunai.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik